Agar anak mau Minum susu Formula

| 07/08/2014

Tips untuk Bunda Agar anak mau minum susu formula

Membujuk dan menyiasati  agar anak mau minum susu formula gampang-gampang susah ya bunda, perlu kesabaran dan cara yang  jitu. Apalagi  jika anak sudah terbiasa dengan ASI eksklusif sejak  ia lahir sampai usianya 2 tahun pasti ia malas dan alergi minum susu formula.

Susu formula sangat penting diberikan pada anak guna memenuhi dan melengkapi asupan nutrisinya sehari-hari. Susu formula juga mudah di cerna pencernaan dan mengandung gizi yang komplit. Lalu bagaimana agar anak mau minum susu formula ? berikut tips yang bisa bunda terapkan agar anak mau minum susu.

Agar anak mau minum susu formula Ketahui penyebabnya

Saat anak memasuki usia 1 tahun sistem pencernaan berkembang sangat baik, pada masa  pertumbuhan inilah saatnya orang tua dan keluarga mengenalkan berbagai macam jenis makanan agar ia terbiasa dengan pola makan keluarga.

Menurut Seorang pakar dan konsultan laktasi Kamariah Alwi, ICBLC dari Malaysia ada beberapa faktor kenapa anak yang terbiasa minum ASI sulit menerima susu formula sebagai pengganti ASI. Terutama saat usianya memasuki 3 tahun tepat setelah masa menyusui habis, berikut faktor-faktor penyebabnya:

  • Susu formula tidak memiliki rasa yang bervariasi. Pada umumnya susu formula rasanya coklat, madu, vanila, Stroberi. Sedangkan anak ASI sudah terbiasa dengan rasa susu ASI yang bervariasi sesuai makanan yang dikonsumsi ibunya.
  • Tekstur susu formula selalu sama membuat anak bosan. Ketika ia berada pada masa pertumbuhan mereka memerlukan tekstur rasa yang berbeda-beda misalnya bertahap dari yang lembut, agak sedikit keras, kenyal, tekstur liat dll.
  • Warna susu formula yang monoton juga membuat anak bosan. Sedangkan mereka perlu melihat warna-warna yang berbeda.

Minum susu 1 gelas saat sarapan pagi, akan menambah konsentrasi dan belajarnya lebih fokus saat di sekolah. Kandungan gizi seperti kalsium, vitamin, protein, kalium, dan magnesium serta berbagai macam vitamin baik sekali untuk perkembangan dan pertumbuhannya sehingga ia menjadi kuat dan sehat.

Cara menyiasati Agar anak mau Minum susu formula

Agar anak mau minum susu formula orang tua harus mencari cara yang tepat, jangan sampai menyerah demi pertumbuhan dan perkembangan buah hati kita. Berikut cara menyiasati agar anak mau dan tergoda minum susu formula:

  1. Tambahkan dalam menu makan anak, makanan  yang juga mengandung susu seperti puding, keju dan yoghurt.
  2. Berikan susu formula kepada anak secara bertahap. Jangan sekali-kali memaksa anak untuk minum susu, paksaan anda justru membuat anak akan semakin membenci susu formula. Berikan secara bertahap misalnya
  3. Pada umumnya anak-anak sangat menyukai sereal, campur susu dengan sereal. Dan menghindari memberikan anak minuman bersoda atau sirop yang membuat mereka nantinya enggan minum susu.

Pengalaman traumatik anak juga bisa mempengaruhi ia enggan minum susu formula, misalnya pengasuh atau orang tua yang selalu mengancamnya jika tidak mau minum susu. Kondisi tersebut akan memberikan dampak psikologis yang tidak baik, ia minum hanya karena terpaksa dan takut pada ancaman lama kelamaan ia sangat membenci susu.

Cari alternatif pengganti susu sapi

Ada beberapa anak yang suka mual dan muntah jika minum susu sapi, penyebabnya bisa saja karena ia alergi minum susu sapi. Orang tua bisa memberikan pilihan atau alternatif lain sebagai pengganti susu sapi misalnya susu kedelai.

Jangan memaksa agar anak mau minum susu formula, beberapa faktor lain bisa jad penyebab ia tidak mau minum susu mungkin ia sedang tumbuh gigi, ada gangguan pencernaan, sariawan atau mungkin sedang demam.

Tags: , ,

Category: Parenting

Comments are closed.