Agar tidak Gugup saat Ijab kabul

| 19/11/2014 | 0 Comments

Pahami Hakikat Pernikahan Agar Tidak Gugup Saat Ijab Kabul

Agar tidak gugup saat ijab kabul ada dua hal yang harus dipahami oleh calon mempelai pria yaitu  memahami apa arti pernikahan yang sebenarnya yaitu karena ingin menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW dan ingin membahagiakan calon mempelai wanita.

Acara ijab kabul dalam pernikahan

Acara ijab kabul dalam pernikahan

Menikah hukumnya sunnah dan merupakan sebuah peristiwa agung dimana Anda akan mengikat janji setia kepada seorang wanita bukan hanya didepan orang tuanya akan tetapi juga dihadapan Allah, untuk membimbingnya dan menemani Anda dalam susah dan senang seumur hidup, dan yang akan memberikan Anda ketenangan batin serta keturunan yang saleh dan salehah.

Sedangkan yang kedua adalah karena Anda telah menemukan seorang wanita yang Anda cintai dan ingin membahagiakannya di sepanjang sisa hidup Anda. Kedua hal inilah yang menjadikan motivasi terkuat Anda saat harus melawan rasa gugup menjelang ijab kabul dilakukan.

Bagi Anda yang saat ini sedang merencanakan pernikahan maka pastikan kedua hal tersebut diatas menjadi pegangan Anda, mungkin Anda sudah sering mendengar berbagai kejadian-kejadian lucu bahkan aneh saat prosesi ijab kabul dilakukan, dimana calon mempelai pria harus mengulang beberapa kali ijab kabul karena ucapannya belepotan alias tidak jelas atau karena terlalu tegang malah sampai lupa dengan nama calon mempelai wanita dan ayahnya, dan beberapa lagi hal-hal terkadang membuat Anda tersenyum sendiri.

Agar tidak gugup Saat ijab Kabul Lakukan hal Berikut ini

oleh karena itu  supaya tidak gugup saat ijab kabul ada beberapa hal  yang sebaiknya Anda lakukan sebelum prosesi ijab kabul dilakukan.

agar tidak gugup saat ijab kabul

Luruskan niat menikah karena ALLAH SWT

Berikut ini 4 hal yang  sebaiknya Anda lakukan agar  tidak gugup dan cemas saat ijab kabul, yaitu :

1.Hafalkan nama calon istri dan ayah kandungnya serta mas kawin yang akan Anda serahkan untuknya sebagai mahar .

2.Beberapa hari menjelang pernikahan sebaiknya Anda cukup istirahat, rileks (santai), dan tidak perlu membebani pikiran Anda dengan berbagai hal yang tidak terlalu penting.

3.Bila Anda benar-benar grogi (nervous) ada baiknya bila Anda belajar mengucapkan ijab qabul didepan sahabat atau keluarga terdekat Anda yang telah memiliki pengalaman menikah, agar bila ada kesalahan dapat segera dibetulkan.

4.Berserahlah kepada Allah seperti doanya Nabi Musa AS, yaitu Robbisyrohli shodri, wayassirli amri, wahlul uqdatam mil lisani, yafqohu qouli yang artinya meminta kepada Allah agar dilancarkan lisan, dilapangkan dada, dan dimudahkan seluruh urusan, serta membuat orang lain mudah mengerti apa yang Anda ucapkan.

Beberapa bulan belakangan ini boleh dikatakan bulannya pengantin karena boleh dikatakan ada banyak sekali orang tua yang memilih untuk menikahkan putra atau putri mereka pada bulan-bulan sesudah lebaran baik setelah Idul Adha maupun setelah Idul Fitri.

Akan tetapi sebenarnya bagi calon pengantin sebaiknya tidak berpatokan pada bulan baik atau hari baik, atau ada yang lebih ekstrim lagi dimana mereka memilih berdasarkan hitung-hitungan yang ribet karena paranoid akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dimasa depan.

Luruskan Niat Menikah karena ALLAH Agar tidak gugup Saat ijab Kabul

Satu hal yang harus Anda yakini bahwa setiap perjalanan manusia sudah ada Allah yang mengaturnya dan Islam diturunkan ke dunia sebagai Rahmatan Lil Alamin (penyebar kasih sayang didunia) sehingga bila Anda benar-benar hanya mengikuti petunjuk yang ada dalam Al-Quran dan hadist maka pernikahan dalam Islam itu sebenarnya mudah. Jadi sebenarnya agar tidak gugup saat ijab kabul adalah luruskan niat Anda menikah karena Allah.

Demikianlah  tips mengatasi gugup saat ijab kabul, semoga bermanfaat bagi Anda khususnya calon mempelai pria, dan satu hal yang juga tidak  kalah penting adalah restu dari orang tua, karena dengan restu dari beliau maka segala urusan didunia ini akan dimudahkan oleh Sang Khalik. Insha Allah.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Wedding

Leave a Reply