Amandel bengkak Pada orang dewasa

| 15/04/2015 | 0 Comments

Gejala Amandel Bengkak pada Orang Dewasa

Penyakit amandel bengkak adalah salah satu penyakit yang menyerang siapa saja, baik muda maupun tua, baik pria atau wanit bisa terserang penyakit yang sangat mengganggu ini. Ada beberapa gejala amandel bengkak pada orang dewasa yang bisa anda cermati. Yang pertama adalah merasa lesu, letih, dan lelah.

Sakit pada leher

Amandel bengkak bisa menyebabkan penderita merasa malas untuk melakukan sesuatu karena rasa sakitnya yang cukup mengganggu. Selain menjadi tidak bergairah, penderita amandel bengkak juga akan mengeluhkan sakit pada leher mereka. Rasa sakit tersebut akan timbul apabila leher ditekan dan juga terjadi ketika penderita sedang menelan makanan atau minuman.

 

Suhu tubuh meningkat

Gejala lain yang timbul akibat sakit amandel adalah suhu tubuh meningkat dan badan terasa menggigil disertai dengan nyeri sendi di beberapa bagian tubuh. Gejala-gejala tersebut akan diikuti oleh gejala lainnya seperti batuk yang sulit reda, flu, sakit kepala, nyeri pada bagian perut, mulut berbau tidak sedap, dan mual.

Obat herbal alami  Amandel

Penyebab amandel bengkak pada orang dewasa adalah bakteri dan juga virus yang masuk ke dalam tubuh lewat saluran hidung dan mulut.  Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit amandel selain dengan tindakan medis atau operasi. Memanfaatkan tanaman herbal adalah salah satu contoh pengobatan dari sakit amandel.

Beberapa bahan herbal yang bisa anda gunakan untuk proses penyembuhan penyakit ini adalah:

  • Jeruk nipis
  • Akar beringin
  • Buah mengkudu
  • Sambiloto

Bahan-bahan herbal tersebut sangat mudah didapatkan dan mengolahnya pun tidak sulit. Ada pepatah mengatakan bahwa bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Pencegahan terhadap Amandel

Maka dari itu, apabila anda tidak ingin terkena penyakit amandel lebih baik melakukan pencegahan yang sangat mudah. Untuk mencegah dan menghindari infeksi tonsil lakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Langkah pencegahan yang pertama bisa dilakukan dengan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas atau sebelum makan. Dengan begitu akses bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh bisa dikurangi. Langkah pencegahan yang lain bisa dilakukan dengan menggunakan tisu saat bersin atau batuk.
  2. Hindari penggunaan alat makan dan sikat gigi bersama-sama dengan orang lain
  3. Menghindari kontak secara langsung dengan penderita amandel, karena amandel dapat menular melalui inveksi bakteri dan virus.

Penyakit amandel tidak selalu harus di operasi, namun amandel yang harus di operasi adalah amandel yang sudah mengganggu pernafasan , menimbulkan gangguan pada gigi, dan penderitanya mengalami kejang dan demam.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Obat herbal amandel

Leave a Reply