Amandel pada anak usia 5 tahun

| 07/04/2015 | 0 Comments

Pencegahan dan Penyembuhan Amandel pada Anak Usia 5 Tahun

Amandel pada anak usia 5 tahun tentu saja mengganggu herbal synergy amandel pada anak usia 5 tahunaktivitas mereka dalam bermain, belajar, bersekolah, dan lainnya. Amandel sendiri adalah kelenjar getah bening yang berada di belakang tenggorokan. Amandel disebut sebagai salah satu system ketahanan tubuh yang memiliki sel antibody untuk menjaga tubuh dari serangan virus atau penyakit.

Dalam keseharian, kuman dan virus masuk ke dalam tubuh melalu saluran pernapasan seperti mulut dan hidung. Supaya kuman dan virus tersebut tidak menghancurkan sistem kekebalan tubuh, maka amandel memproduksi sel-sel darah putih sebagai antibodi. Ada banyak sekali penyebab amandel yang terjadi pada anak usia 5 tahun.

Penyebab Amandel pada anak Usia 5 tahun

Pola makan yang buruk

Penyebab tersebut antara lain, anak kekurangan vitamin C, sering mengkonsumsi makanan dengan bahan tambahan kimia, kurang minum air putih dalam keseharian, suka makan makanan pedas, dan tidak menjaga kebersihan.

Infeksi virus dan bakteri

Selain hal tersebut, penyakit amandel juga disebabkan oleh adanya bakteri atau virus yang masuk ke dalam mulut. Ada berbagai macam jenis bakteri dan juga virus yang menyebabkan amandel mengalami inflamasi, salah satunya adalah bakteri Streptococcus Pyogenes.

Pencegahan amandel terhadap anak

Selalu menjaga kebersihan

Supaya terhindar dari sakit amandel  anak usia 5 tahun maka harus ada tindakan pencegahan yang dilakukan oleh para orangtua. Menjaga kebersihan adalah hal utama yang harus diakukan supaya anak terhindar dari sakit amandel.

Cuci tangan sebelum makan

Usahakan untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah melakukan banyak kegiatan. Sebaiknya, orangtua memberikan larangan kepada anak untuk tidak berbagi atau saling meminjam barang yang digunakan dengan kontak langsung pada mulut, karena penyakit radang amandel bisa menular.

Gunakan peralatan makan sendiri

Lebih baik jika anak sudah diajari untuk memiliki alat makan sendiri dan tidak nyaman apabila menggunakan barang-barang tersebut bersama dengan orang lain.

Menjaga pola hidup sehat dan mengutamakan kebersihan merupakan cara pencegahan amandel sedini mungkin. Disamping itu kontrol anak agar selalu cukup minum air putih minimal 8 gelas sehari serta menghindari jajanan yang tidak sehat.

Penyembuhan Amandel

Penyakit amandel bisa disembuhkan dengan berbagai cara, salah satunya operasi. Namun, ada beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk menyembuhkan sakit ini, antara lain jeruk nipis dan juga kapulaga.

Penyakit amandel pada anak usia 5 tahun jika tidak segera diatasi dan di biarkan berlarut-larut dapat menyebabkan komplikasi pada saluran nafas terjadi infeksi. Amandel akan semakin membesar sehingga mengganggu pernafasan anak.

Penderita penyakit amandel juga sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman dingin secara berlebihan. Orangtua harus mengontrol jajanan buah hati, apabila dirasa mengandung zat berbahaya, sebaiknya berikan masakan olahan ibu yang terjamin kebersihan serta kesehatannya.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , ,

Category: Obat herbal amandel

Leave a Reply