Anak sering sakit Perut dan demam

| 27/01/2015 | 0 Comments

Penyebab Anak Sering Sakit Perut dan Demam

Apakah Anda mengetahui apa saja penyebab anak sering sakit perut  dan demam ? Apabila Anak sakit tentu sangat khawatir sebagai orang tua. Namun ketika anak sakit sebaiknya Anda perlu menekan rasa panik dan juga khawatir berlebihan. Salah satu cara agar tak panik dan khawatir berlebihan adalah dengan membekali diri dengan berbagai pengetahuan tentang anak-anak. Untuk itu artikel ini hadir agar Anda khususnya para orang tua mengetahui mengenai penyebab anak sering sakit perut serta demam.

Adapun penyebab anak sering demam dan sakit perut yaitu :

  • Mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan juga makanan yang dikonsumsi biasanya dapat menimbulkan gas. Adapun contoh makanan yang dapat menimbulkan gas misalnya susu, keju, es krim, kubis, asparagus, brokoli, apel, pir dan masih banyak lagi. Jenis makanan ini boleh dikonsumsi namun kadarnya harus disesuaikan dengan usia anak tersebut. Apabila terjadi masalah seperti ini sebaiknya Anda mengkompres dengan air hangat dan mengusap-usap dengan lembut pada bagian perutnya yang masih lembut kulitnya.
  • Jika sakit perut pada anak yang menyebabkan perutnya menjadi keras maka lakukan tindakan preventif. Beberapa tindakan preventif ketika sedang pup dan susah keluar yaitu oleskan minyak goreng yang baru pada duburnya dan mengkonsumsi jur pir atau pun obat pencahar yang aman bagi anak. Namun jika Anda tak ingin memberikan obat-obatan maka berikanlah buah pepaya setiap hri agar perutnya tidak sakit ketika pup.
  • Apabila Anak muntah dan juga demam maka waspadai tanda seperti ini. Biasanya penyebabnya adalah keracunan makanan. Yang perlu Anda lakukan adalah membawanya kedokter. Namun sebelum membawanya kedokter berikan air putih agar tidak terjadi dehidrasi.
  • Apabila setelah makan makanan yang hasil olahan susu kemudian muntah, sakit perut dan demam hal ini berarti penyebabnya adalah intelorasi laktosa. Penanganan jika terjadi hal ini sebagai orang tua adalah berkonsultasi dengan dokter dan memilihkan susu dan hasil olahan yang bebas dari laktosa.
  • Radang Usus Buntu. Biasanya gejala yang umum yaitu anak akan merasakan sakit perut di bagian kanan bawah., muntah dan di sertai demam. Jika anak anda mengalami seperti ini langkah awal adalah memberinya acetaminophen namun jika muntah dan demam tidak sembuh kemungkinan anak kena radang usus buntu penanganan yang tepat tentu segera membawanya ke dokter.
  • Saluran kemih terkena Infeksi. Jika terjadi pada anak, penyakit yang satu ini sangat berbahaya. Menurut dr. Kristian WG yang di kutip dari panadol.com, jika infeksi saluran kemih terjadi pada bayi ataupun balita akan berakibat terganggunya pertumbuhan anak. Gejala yang terlihat yaitu muntah dan diare yang terjadi pada bayi usia 1 hingga 2 bulan. Jika terjadi pada anak yang usianya 2 tahun lebih, gejala yang di timbulkan berupa sakit saat buang air kecil, sakit perut dan anyang-anyangan.

Setelah mengetahui mengenai penyebab anak sering mengalami sakit perut dan demam. Ada baiknya mengikuti anjuran dokter dan sebagai pemahaman adalah membaca artikel ini. Dengan demikian orang tua dapat mengambil tindakan penanganan yang tepat, tergantung dari gejala-gejala apa saja yang meyebabkan anak sering sakit perut  dan demam.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply