Bahaya Menghirup Bensin Bagi Ibu Hamil

| 22/10/2015 | 0 Comments

Apa Saja Bahaya Menghirup Bensin Bagi Ibu Hamil?

Bahaya Menghirup Bensin Bagi Ibu HamilBensin merupakan salah satu jenis bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor. Bensin tersusun atas hidrokarbon rantai lurus yaitu mulai dari C7 sampai dengan rantai C11. Molekul yang ada di dalam bensin secara sederhananya terdiri dari hidrogen dan karbon. Bentuk yang cari memang mirip dengan air, namun bensin memiliki aroma yang sangat menyengat dan berwarna agak kekuningan atau ada pula yang sedikit cenderung ke warna orange. Bensin sungguh bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari namun bahaya menghirup bensin bagi ibu hamil perlu di waspadai.

Tidak hanya sebagai bahan bakar kendaraan saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan-peralatan rumah tangga yang terkena karat. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosokkan kain yang yang sudah dicelupkan ke bensin. Cara lainnya yaitu apabila karatnya sudah terlalu kuat, bisa direndam dengan sedikit bensin. Nah, kegunaan bensin yang serba guna seperti itu, membuat bensin menjadi sangat dibutuhkan.

Dampak dari Menghirup Bensin bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tidak hanya wajib menjaga kesehatan kandungannya saja, melainkan juga wajib menjaga kesehatan dirinya. Selain mengonsumsi makanan yang sehat bergizi, ibu hamil juga harus minum vitamin agar terhindar dari berbagai penyakit. Tetapi, bagaimana jika perempuan yang sedang hamil kemudian menghirup bensin baik sengaja maupun tidak sengaja? Menghirup bensin menurut dokter tergantung dari lama atau tidaknya.

Bagi ibu hamil yang secara tidak sengaja menghirup bensin, bukanlah hal yang dimasalahkan. Tetapi, bagi ibu hamil yang memang sudah ketergantungan untuk menghirup bensin itu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Bahaya menghirup bensin bagi ibu hamil antara lain yaitu:

  • Menyebabkan si ibu hamil pusing

Bau bensin yang menyengat dapat membuat orang yang tidak terbiasa menjadi pusing saat menghirupnya. Pusing tersebut dapat menyebabkan menjadi tidak konsen dalam mengemudi.

  • Menyebabkan kanker seperti kanker tenggorokan

Bensin mengandung zat kimia seperti benzena. Zat ini dapat memungkinkan menimbulkan peningkatan kanker, salah satunya kanker darah atau leukemia. Menurut penelitian yang sudah ada, adanya ethlylene dibromide telah dibuktikan menjadi karsinogen atau zat pemicu yang dapat menyebabkan kanker.

  • Menyebabkan kerusakan pada sistem saraf

Menghirup bensin dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengirim pesan ke otak. Tidak hanya itu, namun juga dapat mempengaruhi otak dalam menerjemahkan sinyal dan mengoordinasikan tubuh untuk merespon sinyal. Serta dapat menyebabkan kematian mendadak.

  • Penanganan Atas Bahaya Menghirup Bensin Bagi Ibu Hamil

Pencegahan adalah hal yang terbaik dibanding pengobatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bahaya menghirup bensin terutama bagi kalangan ibu hamil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bensin yang sengaja terhirup oleh ibu yang sedang mengandung dapat berbahaya bagi keduanya.

Lalu, bagaimana jika si ibu hamil sudah ketergantungan terhadap menghirup bau bensin? Caranya antara lain seperti membawanya ke dokter untuk mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh dalam pengobatan. Selanjutnya bisa juga membawanya ke psikiater atau psikolog untuk mengetahui kejiwaan atau psikis si ibu hamil terhadap ketergantungan akan menghirup bau bensin.

Setelah mengetahui informasi seputar bahaya menghirup bensin bagi ibu hamil, dapat menjadi pelajaran bagi kita semua agar tidak dengan sengaja menghirup bau bensin. Bau bensin bagi beberapa orang memang enak dan membuat kecanduan, namun bahayanya jika dihirup dengan sengaja dapat merugikan dan membahayakan tubuh.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Kehamilan

Leave a Reply