Beternak Ayam kampung Di rumah

| 30/10/2014 | 5 Comments

Beternak ayam Kampung di rumah Prospek Bisnis Potensial

Jika punya rencana untuk memulai usaha yang prospek pasarnya potensial  beternak ayam kampung di rumah bisa di jadikan salah satu daftar rencana usaha anda. Bisnis kuliner saat ini sedang booming permintaan pasar terhadap jenis makanan hewani sangat tinggi terutama para penggemar kuliner makanan olahan dari daging ayam.

Oleh karena itu memulai usaha di bidang peternakan sangatlah menguntungkan, apalagi beternak ayam kampung relatif mudah di lakukan sebagai bisnis tambahan bagi karyawan, pelajar, bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun di sela-sela waktu senggang setelah pulang bekerja.

Modal untuk memulai beternak ayam kampung di rumah juga tidak besar, Jumlah ayam yang akan di ternakkan menyesuaikan saja dengan ketersedian pekarangan kosong rumah anda. Bisnis sampingan ini tidak terlalu banyak menyita waktu dan perhatian anda misalnya waktu memberi makan ayam hanya pagi dan sore hari saja setelah itu anda bisa melakukan pekerjaan utama.

Tahapan-tahapan beternak ayam kampung di rumah

Walaupun beternak hanya usaha sampingan, untuk memulai nya anda harus memiliki perencanaan yang matang tentang segala hal yang berhubungan dengan usaha ini. Berikut ini adalah step by step yang bisa anda tempuh :

1.Rencanakan dengan baik

Segala yang harus dimulai pastilah di rencanakan agar hasil yang di dapat maksimal tentunya, demikian pula dengan usaha ternak ayam kampung buatlah perencanaan yang matang terlebih dahulu. Yang pertama anda harus paham betul seluk-beluk ilmu dasar tentang beternak ayam kampung mulai dari jenis-jenis penyakit yang sering menyerang, vaksinasi ayam, karena anda akan rugi jika ayam-ayam terserang penyakit mematikan seperti flu burung dan tetelo.

Anda dapat membaca buku-buku referensi mengenai teknik beternak ayam kampung di rumah atau meminta penjelasan di dinas peternakan. Dengan perencanaan yang matang resiko kerugian tenaga dan finansial bisa anda minimalkan.

 2.Persiapan pembuatan kandang ayam

Jika pengetahuan beternak ayam sudah di kuasai, saatnya persiapan kedua yang juga tidak kalah penting Membuat Kandang Ayam. Jika anda akan beternak ayam kampung dengan sistem full kandang ukuran ideal adalah setiap 1 meter persegi berisi 7 ekor ayam sehingga kondisi kandang tetap nyaman tidak terlalu berdesakan.

model kandang ayam petelur

Gb-Model kandang ayam petelur full kandang

Kandang ayam tipe ren merupakan jenis kandang yang ideal untuk memelihara ayam kampung, kandang tipe ren tidak memerlukan litter karena di bandingkan ayam broiler ternak ayam kampung waktunya lebih lama.

kandang ayam model ren

Gb- Kandang ayam model ren

3.Membeli bibit ayam kampung , Day Old Chick (DOC)

Day old chick atau bibit anak ayam yang harus di beli yang baik berumur antara 1 sampai dengan 7 hari. DOC tentu harganya lebih murah, tetapi anda harus tekun merawatnya karena DOC sangat rentan penyakit dan perlu pakan yang khusus, di hangatkan, dan diberi vaksin. Sangat disarankan anda membeli bibit ayam indukan saja biasanya di sebut dara merawatnya lebih mudah di banding merawat DOC walaupun harga ayam dara lebih mahal.

Day old chick bibit ayam

Day old chick (OC) bibit ayam umur 1 – 7 hari

 

4.Perawatan, panen dan pasca panen

Di tahap inilah usaha ternak ayam kampung anda mulai terlihat hasilnya saat perawatan, penanganan waktu panen dan pasca panen.

Pemeliharaan dan perawatan kandang ayam

  1. Kandang harus kokoh dapat melindungi semua ternak dari sinar matahari dan hujan
  2. Untuk menghindari penularan penyakit kandang harus di bersihkan secara berkala
  3. Selalu menjaga lantai kandang tetap kering tidak becek

Beternak ayam kampung di rumah adalah usaha yang cukup cerah mengingat permintaan daging ayam kampung di restoran-restoran dan cafe sangat tinggi jika usaha ini di tekuni tentu akan menghasilkan keuntungan finansial yang besar.

Kelebihan beternak ayam kampung

Selain rasanya yang nikmat dengan struktur daging yang padat di bawah ini beberapa kelebihan beternak ayam kampung:

  • Ayam kampung tidak gampang stres di banding ayam negeri
  • Tahan terhadap serangan penyakit dan cuaca
  • Indukan ayam mampu menetaskan telur secara mandiri
  • Tidak memerlukan pakan khusus
  • Pemeliharaan mudah karena bisa di lepas di alam bebas

Semangat berwirausaha, sukses selalu !

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Peluang Bisnis

Leave a Reply