Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Bersantan

| 18/10/2014 | 2 Comments

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Bersantan Karena lemaknya Tinggi

Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan? Pertanyaan itu sangat wajar jika sering mengemuka di kalangan ibu hamil. Sebab tak jarang mereka harus mengantisipasi banyak makanan dan minuman yang bisa mempengaruhi kesehatan kandungan. Apalagi bagi mereka yang sedang mengalami masa kehamilan pertama.

Seringnya para ibu muda yang sedang hamil bertanya-tanya apakah makanan itu boleh dimakan? Atau bagaimana dengan yang ini? Dan sebagainya? Kurangnya informasi atau bahkan semakin kaburnya berbagai penjelasan menyebabkan keraguan di kalangan ibu hamil.

Satu alasan mendasar mengapa timbul pertanyaan semacam bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan adalah kandungan lemaknya yang tinggi dan cenderung pedas. Makanan bersantan memang sangat lezat dan selalu disajikan dalam pesta atau restoran.

Makanan yang sudah dicampur dengan santan juga punya cita rasa berbeda sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Sampai-sampai ada ungkapan yang kurang lebih bunyinya menganjurkan supaya menikmati setiap jenis makanan bersantan mumpung tubuh masih muda dan sehat.

Namun ada masalah yang pelik ketika mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan. Sebetulnya masalah itu juga tak hanya dialami oleh pada ibu hamil. Mereka yang pernah atau sedang menderita gangguan penyakit tertentu misalnya tekanan darah tinggi tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan bersantan. Alasannya karena kadar kolesterol dan lemak yang tinggi dalam santan dan bisa memicu kambuhnya penyakit tersebut. Lalu, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan?


JUAL SUPLEMEN PENAMBAH DARAH DAN NUTRISI IBU HAMIL DA MENYUSUI

Suplemen Herbal Hamil dan Menyusui

Suplemen Herbal Hamil dan Menyusui

Harga Paket Rp 930.000;  (Terdaftar di BPOM dan Halal)

2 Botol Colostrum (@90 kapsul) , 2 Botol calcium Mag (@120 Kapsul) dan 2 Botol Spirulina (@120 Kapsul)

ORDER : RULLY 085813466196


 

Ada dua pendapat umum yang hingga saat ini berbeda. Sebagian mengatakan boleh-boleh saja selama bisa dibatasi secara wajar. Sedangkan yang lain benar-benar melarang konsumsi makanan bersantan bagi ibu hamil. Tentu saja perbedaan tersebut cukup membingungkan.

Untuk menjawab persoalan tentang bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan, setidaknya kita harus mengetahui dan memahami kondisi kesehatan dari seorang ibu yang sedang hamil. Jika seorang ibu yang sedang hamil tak pernah punya riwayat gangguan kesehatan tertentu, bisa jadi ia akan mengabaikan persoalan tentang bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan.

Berbeda jika pertanyaan tersebut dihadapi oleh seorang ibu hamil yang pernah punya riwayat gangguan kesehatan seperti darah tinggi, kolesterol, asam urat dan sebagainya. Pastinya ia sudah punya jawaban tentang bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan.

Selain itu, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan selama ia dalam kondisi sehat? Logikanya begini, ketika hamil, seorang ibu sebenarnya sedang mengonsumsi makanan untuk dua kebutuhan. Pertama ialah untuk dirinya sendiri, dan yang sisanya untuk sang janin.

Jadi, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan akan sangat tergantung pada kebutuhan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Misalnya adalah soto atau sop yang kadang dihidangkan dalam kuah bersantan. Mereka adalah jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Sehingga pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan akan berbenturan dengan setiap nilai nutrisi yang terkandung dalam dua makanan tersebut.

Masalah-masalah yang lain akan berkutat pada kebiasaan tak bisa menahan diri ketika melihat sajian hidangan tertentu. Di sinilah seorang ibu hamil harus mampu mengendalikan diri dari segala godaan makanan yang berpotensi kurang baik bagi kesehatan janin.

Sementara itu, dibutuhkan informasi detil tentang kualitas kesehatan dari seorang ibu hamil sekaligus asupan-asupan gizi yang dibutuhkan. Sehingga seorang ibu hamil akan punya pedoman dasar dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan janin. Jadi, sekarang Anda bisa sedikit menjawab persoalan tentang bolehkah ibu hamil mengkonsumsi makanan bersantan.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: ,

Category: Kehamilan

Leave a Reply