bolehkah ibu hamil muda minum jus wortel setiap hari

| 18/08/2017

Plus Minus Mengenai Hamil Muda Minum Jus Wortel

Kasus hamil muda minum jus wortel ini cukup banyak, namun apakah membawa pengaruh pada janin dan ibu?

Ketika mengandung, ibu selalu berupaya keras untuk memberikan asupan gizi yang dibutuhkan di tiap harinya.

Gizi yang dibutuhkan akan lebih banyak dibandingkan pada waktu belum mengandung. Karena gizi tersebut akan dimanfaatkan oleh ibu sekaligus janin yang ada dalam kandungan.

Kekurangan gizi bisa mempengaruhi kesehatan ibu. Parahnya bisa membuat pertumbuhan janin terganggu. Maka dari itu, ibu mencari cara untuk mendapatkan gizi yang cukup. Salah satunya adalah melalui jus wortel ini.

Kenapa memilih jus wortel? Karena jus tersebut memiliki sejumlah keunggulan dalam hal menyehatkan bayi dan ibu.

Keunggulan Jus Wortel Untuk Ibu Hamil

Banyak sekali keunggulan jus wortel ini sehingga membuat banyak ibu hamil meminum jus wortel pada masa kehamilan.

Keunggulan yang ditawarkan adalah kesehatan ibu dan janin. Hal ini lantaran jus wortel punya kandungan lengkap yang baik untuk pemenuhan gizi ibu mengandung. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Vitamin

Wortel dikenal sebagai sayuran mengandung vitamin A. Fungsinya adalah untuk membantu dalam menyehatkan mata.

hamil muda minum jus wortel

Namun bukan vitamin A tersebut, karena sebenarnya vitamin A ini tersedia lantaran ada pemicunya.

Vitamin yang tersedia di dalam wortel itu sendiri cukup banyak. Vitamin tersebut adalah C, B, D,E dan K.

Vitamin C dalam wortel ini punya kelebihan dalam menunjang kecerdasan janin. Sementara kombinasi vitamin selanjutnya adalah membantu dalam menguatkan tulang dan gigi.

Tak hanya itu saja, penyerapan zat besi dalam tubuh serta meningkatkan daya tahan juga menjadi keunggulan utama dari kombinasi vitamin yang ada dalam jus wortel. Makanya, wanita hamil minum jus wortel.

  • Kasium dan kalium

Kalsium membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi. Yaitu membuat tulang ibu menjadi lebih kuat atau terhindar dari osteoporosis.

Manfaat lainnya adalah mendukung pada pertumbuhan tulang dan gigi janin. Tentunya setelah bayi menyerap kalsium yang didapatkan ibu dari wortel.

Sementara kalium memberikan manfaat luar biasa untuk ibu. Yaitu bermanfaat sekali dalam menjaga kadar kolesterol, serta menjaga keseimbangan saraf kehamilan supaya tetap normal.

  • Betakaroten

Betakarotin adalah kandungan yang membuat wortel menjadi lebih berwarna. Betakarotin sendiri menjadi pemicu tersedianya vitamin A.

Vitamin A akan diproduksi ketika tubuh membutuhkan. Dan vitamin A ini akan berperan dalam membantu organ penglihatan ibu sekaligus janin.

Kekurangan Jus Wortel Untuk Ibu Hamil

Perlu ibu ketahui, jus wortel ini punya kekurangan yang mana bisa memberikan efek samping bagi yang meminumnya. Tentunya jika diminum secara berlebihan.

Wortel mengandung betakaroten yang besar. Kandungan ini merupakan provitamin A. Provitamin A ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A ketika dibutuhkan.

Ketika tidak dibutuhkan, maka pengubahan menjadi vitamin A tidak pernah terjadi. Dengan kata lain, tubuh akan dipenuhi betakarotin.

Betakarotin yang menumpuk di dalam tubuh akan menjadikan tubuh menjadi lebih kuning. Gejala ini disebuat dengan karotenimia.

Jika tidak mengontrol dalam minum jus wortel saat hamil muda, efek samping seperti ini bisa terjadi. Bahkan jika diminum oleh ibu yang tidak dalam posisi mengandung.

Supaya terhindar dari permasalahan tersebut, ibu perlu bijak dalam mengkonsumsinya. Pastikan untuk meminum jus wortel sewajarnya. Misalnya segelas jus wortel di tiap minggu sekali.

Kesimpulannya, hamil muda minum jus wortel ini bisa memberikan manfaat untuk ibu dan janin jika dikonsumsi sesuai takarannya.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Kehamilan

Comments are closed.