Bolehkah Makan Nasi Padang Saat Hamil Muda

| 16/08/2017

Fakta Mengenai Makan Nasi Padang Saat Hamil Muda

Makan nasi padang saat hamil muda menimbulkan sejumlah kontroversi tersendiri, karena ada pemberitaan simpang siur mengenai hal tersebut. Pertanyaannya sekarang adalah apakah ibu hamil diperbolehkan untuk mengkonsumsi nasi padang?

Nasi padang merupaka kuliner khas, memiliki ciri khas pada rasanya yang sangat pedas. Dengan kata lain, bahan baku untuk membuat cita rasa pedas ini adalah cabe yang cukup banyak.

Kenyataan ini membuat banyak orang mulai berfikir apakah akan mempengaruhi janin atau tidak. Makanya, beberapa orang lebih memilih untuk meninggalkannya lantaran khawatir dengan janin yang sedang dikandungnya.

 

Pendapat Para Ahli Mengenai Makanan Super Pedas Untuk Ibu Hamil

Bolehkah Makan Nasi Padang Saat Hamil Muda

Nasi padang

Bukan rahasia jika makanan pedas telah menjadi bagian makanan yang digemari di tanah air. Hampir setiap orang suka dengan cita rasa kuliner, termasuk nasi padang ini.

Wanita yang semasa masih belum mengandung suka dengan cita rasa ini tentu cukup sulit untuk menghindarinya. Bahkan pada masa kehamilan, wanita terkadang punya keinginan untuk mengkonsumsinya (ngidam makanan pedas).

Meskipun begitu, keinginan tersebut biasanya ditahan. Lantaran ada informasi mengenai efek negatif yang belum pasti kebenarannya pada wanita hamil.

Untuk memahami tentang baik buruknya makanan pedas untuk ibu hamil, fakta menarik ini layak untuk dikenali.

Para ahli berpendapat jika makanan pedas cukup aman meskipun dikonsumsi oleh wanita hamil.

Ini berarti jika mengkonsumsi nasi padang bagi wanita hamil muda tidak memberikan pengaruh negatif secara berlebihan sebagaimana yang dikatakan oleh kebanyakan orang.

Makanan pedas ini tidak mempengaruhi bayi yang dikandungnya. Malahan, makanan pedas nantinya bisa diserap oleh bayi, terutama kandungan lain yang dibawanya setelah diproses oleh tubuh ibu.

Walaupun terbilang aman, ibu hamil juga perlu mempertimbangkan kesehatannya. Artinya, konsumsi makanan pedas selama masa kehamilan tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Jika ibu mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan, efek negatifnya tetap saja ada. Dan inilah yang sebaiknya dihindari.

 

Efek Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas Selama Mengandung

Selama masa kehamilan, makanan menjadi sumber terbaik untuk membantu dalam mempertahankan sekaligus menjaga kesehatan bayi dan ibu.

Sumber gizi ini akan dimanfaatkan untuk tumbuh kembang janin. Terutama untuk membentuk seluruh tubuh secara keseluruhan.

Mengenai makanan yang memiliki cita rasa pedas seperti nasi padang, makanan ini terbilang aman. Cuma kadarnya tidak boleh berlebihan. Kalau tidak, efeknya ada pada diri ibu misalnya mengalami masalah pada pencernaan.

Salah satu efek yang ditimbulkan dari makanan pedas ini adalah mengalami perut mulas dan diare.

Sebenarnya efek ini sangat normal, bahkan orang yang tidak hamilpun bisa mengalami masalah tersebut. Tentunya dengan catatan orang tersebut mengkonsumsi makanan ekstra pedas secara berlebihan.

Efek mulas dan diare ini jika berkepanjangan tentu akan membuat ibu hamil kehilangan banyak energi. Makanan yang masuk tidak dikonversi menjadi sumber gizi yang disalurkan pada janin.

Sementara itu, keadaan tidak enak yang dirasakan oleh ibu mempengaruhi kondisi psikologisnya. Akibatnya, janinpun ikut terganggu.

Dampak lain dari mengkonsumsi nasi padang untuk ibu hamil adalah timbulnya iritasi pada dinding lambung.

Dinding lambung akan iritasi dan sakit, membuat ibu merasa tidak nyaman pada area lambung. Penyebabnya berasal dari peningkatan asam lambung yang diawali dari konsumsian makanan pedas.

Dan yang terakhir adalah muncul kontraksi pada area perut. Hal ini diakibatkan oleh terlepasnya hormon prostaglandin yang bakalan mendorong otot-otot di dalam perut.

Kesimpulannya, makan nasi padang saat hamil muda tetap aman dengan catatan dikonsumsi dalam batas wajar.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , , , ,

Category: Kehamilan

Comments are closed.