Cara agar air susu ibu banyak

| 20/07/2014

Tips dan cara agar air susu ibu banyak dan Lancar

Bagaimana ya cara agar air susu ibu banyak ? inilah pertanyaan yang sering di lontarkan para ibu setelah melahirkan. ASI merupakan makanan yang terbaik untuk bayi, dan sebaiknya bayi diberikan ASI eksklusif kurang lebih selama 6 bulan.

Namun ada sebagian ibu yang tidak dapat menyusui bayinya secara ekslusif dikarenakan beberapa alasan misalnya karena sibuk mengurus pekerjaan , dan ada pula yang beralasan karena air susunya sangat sedikit dan tidak lancar.

Hormon yang mempengaruhi Produksi ASI

Untuk alasan yang kedua ada beberapa cara agar air susu ibu banyak dan juga lancar. Banyak dan sedikitnya air susu ibu sangat dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin kedua hormon ini terkandung di dalam darah.

Menurut dr Jeanne Roos yang bertugas sebagai dokter spesialis anak di RS Pondok indah Puri , produksi hormon tersebut dapat di tingkatkan jumlahnya secara alami dengan cara membuat suasana hati sang ibu agar selalu merasa bahagia dan nyaman.

Herbal Mengatasi anemia Pada ibu Hamil synergy

Paket ibu Hamil menyusui synergy

Beliau juga menambahkan dengan meraba, mengingat dan mendengar suara bayi produksi hormon  oksitosin akan meningkat yang akan mempengaruhi banyaknya ASI.

Pada malam hari adalah waktu di produksinya hormon prolaktin efeknya sang ibu merasa sangat rileks dan sedikit mengantuk. Sedangkan yang membuat ASI mengalir dengan lancar adalah hormon oksitosin, jika puting susu ibu sering di hisap bayinya maka produksi hormon ini akan bertambah sehingga air susu menjadi lancar.

Cara agar air susu Banyak dengan merangsang Produksi Hormon Oksitosin dan prolaktin

Sebenarnya kedua hormon tersebut bisa di produksi secara alami dalam tubuh sang ibu, namun terkadang tidak optimal. Berikut ini adalah cara agar air susu banyak dengan mengoptimalkan produksi kedua jenis hormon diatas:

  • Sesering mungkin menyusui bayi di malam hari. Jumlah hormon prolaktin akan meningkat jika ibu menyusui bayinya dimalam hari sehingga produksi air susu juga meningkat.
  • Ibu yang sedang menyusui sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman berkafein, mengandung alkohol dan merokok.
  • Susui bayi secara teratur dan jangan menunggu payudara mengencang dan bengkak. Isapan bayi akan semakin memperlancar keluarnya ASI.
  • Sebisa mungkin hindari stress dan istirahat yang cukup. Stress yang berlebihan pada ibu menyusui dapat menurunkan produksi ASI, dan tentunya berakibat buruk juga terhadap bayi.
  • Minumlah air putih minimal 3 liter atau setara 8 gelas  perhari
  • Penuhi kecukupan gizi yang sehat dan seimbang. Beberapa makanan dapat memperlancar dan menambah produksi ASI yaitu pepaya, daun katuk, bayam, wortel, beras merah, ikan salmon, buah aprikot, asparagus , kacang hijau , pare, daun pepaya dan oatmeal.
  • Melakukan perawatan Payudara. Perawatan payudara yang sederhana yaitu dengan memijat dengan lembut payudara, serta rutin membasuh payudara menggunakan air dingin dan air hangat bergantian.
  • Tanamkan selalu sugesti bahwa ASI merupakan makanan bayi yang terbaik
  • Selalu menjaga kedekatan antara ibu dan bayi
  • Cara agar air susu banyak dapat di lakukan dengan memerah ASI serta merangsang puting payudara
  • Tetap susui bayi walaupun ASI tidak keluar. Karena isapan lembut bayi dapat merangsang produksi ASI

Waktu menyusui bayi antara pukul 06.00 pagi hingga jam 10 malam dilakukan secara rutin walaupun bayi hanya menyusu 3 menit dengan frekuensi antara 2 atau 3 jam sekali. Itulah cara agar air susu  ibu banyak, selamat mencoba ya bunda!

Tags: , , ,

Category: Parenting

Comments are closed.