Cara agar Anak mau makan Buah dan Sayuran

| 01/02/2015 | 3 Comments

Tips dan Cara agar anak Mau makan buah dan Sayuran sendiri

Berbagai cara agar anak mau makan buah dan sayuran banyak cara di lakukan oleh orang tua agar putra-putri mereka gemar makan sayur dan buah.  cara supaya anak mau makan buah dan sayuran salah satu nya dengan menghias buah dan sayuran menjadi bentuk mirip bunga atau bentuk hewan yang anak sukai.

Saat anak  tidak mau makan buah dan sayur ,banyak orang tua yang merasa pusing karena takut anak mereka kekurangan asupan gizi yang baik. buah dan sayur sangat baik untuk tumbuh kembang anak karena memiliki banyak vitamin dan mineral serta kandungan serat yang begitu banyak manfaatnya bagi saluran pencernaan.

Cara agar anak mau makan sayuran dan buah bisa juga   dilakukan dengan memotong buah kecil-kecil kemudian di jadikan puding buah.orang tua harus lebih sabar dan  lebih cerdas menyiasati buah dan sayur agar lebih menarik bagi anak .

Tidak semua anak menyukai rasa dan bau dari buah dan sayur yang tajam,kebanyakan anak lebih menyukai makanan siap saji karena mungkin rasa dan bentuk nya lebih menarik ketimbang buah dan sayur.macam sayuran yang dapat juga di olah menjadi camilan antara lain wortel ,jagung manis.

Bakwan jagung juga termasuk camilan sehat dan bergizi,cara membuat nya juga tidak repot,campurkan parutan jagung manis dengan irisan wortel,wortel di iris tipis kurang lebih 1 cm  lalu tambahkan sebutir telur dan sedikit daun bawang  kemudian di campur dengan  tepung terigu  dan air secukup nya lalu  tambahkan garam sebagai penyedap bisa digunakan lada bubuk  dan irisan bawang putih, kemudian di goreng dengan minyak sedang jangan terlalu panas, api yang terlalu besar akan membuat minyak mudah panas dan masakan tidak matang merata. juga akan mengurangi gizi dari sayuran itu sendiri.

Cara agar anak mau Makan buah dan Sayuran Beri ia Reward

Adapula cara agar anak mau makan buah dan sayur misalnya dengan berlomba makan bersama teman atau saodara,buat perlombaan makan dengan hadiah sederhana yang disukai anak misalnya stiker gambar,buat suasana penuh semangat dengan tidak menghilangkan keceriaan berlomba.orang tua juga perlu mengenalkan manfaat serta khasiat dari berbagai buah dan sayur yang penting untuk dimakan sebagai kebutuhan hidup.

Saat berbelanja dan memasak bisa juga melibatkan anak dengan hal atau tugas ringan yang  bisa dilakukan anak,misalnya dengan membolehkan anak memilih sendiri sayuran atau buah yang menurut anak menarik seperti buah jeruk atau apel dan sayuran hijau seperti bayam atau brokoli.

Sabar dan tekun mencoba hal baru untuk menu variasi anak,ibu harus lebih tekun dan memutar otak ekstra keras agar menu makanan sehari-hari tidak membosankan bagi anak,terutama mengolah berbagai jenis sayuran dan buah menjadi menu favorit bagi anak.

Sangat menyenangkan melihat anak  yang gemar makan buah dan sayur, rujak tomat juga bisa dijadikan camilan siang hari saat cuaca panas, potong dadu tomat buah yang berwarna merah pekat taruh dalam mangkuk ditambah sedikit gula pasir lalu simpan sejenak dalam lemari es karena disajikan dingin lebih nikmat.

sayuran hijau seperti buncis bisa juga dicampur dengan irisan wortel ditambah sedikit daun bawang bisa dijadikan campuran nasi goreng untuk sarapan bila perlu sajikan bersama telur mata sapi atau sosis kegemaran sikecil. Bila ibu menyayangi si kecil biasakan setiap hari agar menu makanan tidak menghilangkan sayuran hijau. Nah, itulah beberapa cara agar anak mau makan buah dan sayuran sehingga kesehatan anak tetap prima.

 J

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply