Cara-Cara Menguruskan Badan Selepas Bersalin

| 06/07/2015 | 0 Comments

Cara-Cara Menguruskan Badan Selepas Bersalin Tanpa Efek Samping

 

Kehamilan memang membuat berat badan para ibu hamil naik secara drastis hingga berpuluh kilo hanya dalam waktu 9 bulan. Caracara menguruskan badan selepas bersalin dapat dilakukan dengan diet tepat dan sehat serta olahraga yang benar dan teratur. Hal ini tentu tak bisa dihindari. Saat proses persalinan, ibu melahirkan tentu masih berada dalam kondisi kegemukan atau berat badan naik.

Cara-Cara Menguruskan Badan Selepas Bersalin

Langsing setelah melahirkan

Jika Anda ingin melanjutkan proses persalinan dengan proses pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi Anda, tentu Anda tidak bisa sembarangan untuk melakukan diet penurunan berat badan karena akan berdampak tidak baik bagi kualitas ASI Anda yang selanjutnya berefek buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Oleh karena itu ada tips kuruskan badan selepas bersalin tanpa mengorbankan gizi bayi Anda.

Namun sebelum disampaikan Cara-Cara Menguruskan Badan Selepas Bersalin, perlu ditanamkan pemahaman terlebih dahulu bahwa berat badan yang naik drastis dalam waktu lama (9 bulan) tentu tidak mudah mengembalikan berat badan normal dalam waktu singkat. Jadi, kesabaran dan ketekunan diperlukan dalam proses pelangsingan ini.

Cara menguruskan badan setelah melahirkan tentu dengan memperhatikan asupan makanan Anda. Perbanyak makan sayur, buah, kacang-kacangan, dan protein. Konsumsi karbohidrat atau gula tinggi dan lemak sebaiknya dikurangi dalam jumlah besar.

Cara-Cara Menguruskan Badan Selepas Bersalin Dengan cepat dan Alami

Makan dengan porsi sedikit Tapi sering

Cara ini sangat baik untuk menghindari bertumpuknya lemak dalam tubuh , sehingga berat badan anda tetap terkontrol dengan baik. Biasakan makan dengan porsi sedikit saja namun sering di bandingkan anda hanya beberapa kali makan namun dengan porsi yang besar.

Batasi makanan berlemak tinggi

Hal ini menyangkut pola hidup sehat , jika anda menysusui bayi anda maka sebaiknya jangan terlalu membatasi asupan makanan. Karena anda dan bayai anda membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk proses tumbuh kembangnya. Namun hindari makanan yang mengandung lemak tinggi untuk menghindari naiknya berat badan anda.

Minum Air putih

Air putih sangat berguna untuk membersihkan racun dalam tubuh , terutama organ-organ pencernaan. Air juga bermanfaat untuk mempercepat proses pembakaran lemak , dan juga mampu memberi efek kenyang.

Olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran dan membakar kalori. Lakukan olahraga ringan saja misalnya senam dan jogging yang juga bermanfaat untuk mengencangkan kembali otot tubuh anda selepas bersalin.

Cara menguruskan badan selepas bersalin pembedahan (Caesar)

Tips ini juga berlaku sebagai cara menguruskan badan selepas bersalin pembedahan. Jika kondisi Anda sudah pulih setelah melahirkan (untuk persalinan melalui pembedahan umumnya setelah 6 minggu)  Anda perlu melakukan gerakan dan olahraga yang tepat. Postur duduk yang tepat yaitu punggung dan leher tegak, perut secara perlahan dilatih otot-ototnya dengan gerakan mengempiskan perut secara berulang-ulang merupakan salah satu terapi untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

Olahraga rekreasi seperti berenang atau yoga sangat dianjurkan karena akan membuat badan dan pikiran Anda lebih sehat dan rileks sehingga proses metabolisme tubuh berlangsung lebih baik. Olahraga yang terlalu berat seringkali membuat ibu dalam kondisi pasca melahirkan terlalu lelah sehingga tidak baik bagi ibu dan bayi.

 Cara-cara menguruskan badan selepas bersalin yang telah disebutkan di atas merupakan cara alami yang diyakini tanpa efek samping. Untuk olahraga khusus mengecilkan perut sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: ,

Category: Tips Diet Sehat

Leave a Reply