Cara Memasak Ketan Putih dengan Rice Cooker

| 17/10/2014 | 0 Comments

Cara memasak ketan putih dengan rice cooker Lebih pulen dan hemat waktu

 

Cara memasak ketan putih dengan rice cooker bisa dikatakan kurang begitu dikenal oleh masyarakat. Karena ketan putih merupakan tipe makanan tradisional yang metode pengolahannya pun harus disesuaikan. Artinya, kebanyakan orang masih memasak ketan putih dengan cara tradisional yaitu dengan mengukusnya selama beberapa waktu dengan tahapan berbeda. Proses tersebut memang menyita waktu lama dan harus dilakukan secara cermat.

Ketika muncul ide tentang cara memasak ketan putih dengan rice cooker, kebanyakan orang mulai bertanya-tanya apakah hal itu mungkin? Tentu saja kita bisa melakukannya. Namun timbul  lagi satu pertanyaan mendesak dan penting. Yaitu mengenai kualitas cita rasa dari ketan putih dari rice cooker.

Apakah akan sebanding dengan hasil kukusan secara konvensional? Atau justru malah terasa kurang jika dibandingkan? Sebetulnya Anda tak perlu mengkhawatirkan hal-hal semacam itu karena ketan putih hasil kukusan rice cooker sebetulnya punya kualitas sepadan dengan hasil konvensional.

Justru ada nilai lebih yang terletak pada efektifitas metode, tenaga dan waktu. Bahkan Anda bisa membuktikan kualitas ketan putih yang lembut dan pulen dari rice cooker. Tetapi untuk mengolah ketan putih dari rice cooker yang bermutu, kita butuh metode yang tepat. Setidaknya Anda tak merasa kerepotan, namun bisa menghasilkan olahan ketan putih yang diinginkan. Nah, apa saja bahan yang dibutuhkan untuk cara memasak ketan putih dengan rice cooker?

Bahan Pembuatan

Untuk cara memasak ketan putih dengan rice cooker, pastinya kita butuh bahan utama seperti beras ketan yang telah dicuci hingga bersih. Berapa takarannya? Untuk rice cooker berukuran standar, cukup menggunakan 2 cangkir beras ketan. Bahan berikutnya adalah 2 cangkir air atau bisa dilebihkan beberapa mili. Jangan lupakan garam  sebagai penyempurna cara memasak ketan putih dengan rice cooker. Sudah siap? Mari kita lanjutkan cara memasak ketan putih dengan rice cooker berikut ini.

Cara Memasak

Nah, setelah mencuci beras ketan sampai benar-benar bersih, kita masukkan ke dalam wadah rice cooker. Tambahkan takaran air yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk menyempurnakan cara memasak ketan putih dengan rice cooker. Apakah kita akan langsung memasaknya? Tidak. Kita akan merendamnya hingga mencapai kira-kira waktu dua jam. Dengan membiarkannya terendam selama itu, kita akan mendapatkan hasil olahan yang mantap dari cara memasak ketan putih dengan rice cooker.

Setelah mencapai waktu yang ditentukan, kita campurkan garam yang sudah dipersiapkan. Berapakah takarannya? Anda bisa menyesuaikannya pada pada takaran air. Sebab orang mungkin mengharapkan tingkat keasinan berbeda dari cara memasak ketan putih dengan rice cooker ini. Selama mencampurkan garam, aduklah secara perlahan dan merata. Pastikan bahwa setiap bagian dari beras ketan sudah tercampur dan meresap air garam. Nah, setelah itu tibalah waktu untuk memasaknya.

Nyalakan rice cooker dan tunggulah mesin itu bekerja sampai selesai. Ketika indikator penanda nasi matang dari rice cooker sudah menyala, jangan terburu-buru mengangkatnya. Biarkanlah ketan putih itu berada dalam rice cooker selama sekitar 20 menit. Cara ini dilakukan untuk mengendapkan kekentalan air garam hingga benar-benar meresap. Sekaligus memastikan kualitas kelembutan dari beras ketan tersebut. Baru setelah sekitar 20 menit, kita bisa menghidangkannya sebagai cemilan sehat keluarga.

Tentu saja ada banyak alternatif untuk menghidangkan ketan putih seperti dengan menaburkan gula merah cair, parutan kelapa, kedelai, bumbu kacang tanah dan sebagainya. Demikianlah cara memasak ketan putih dengan rice cooker.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Kuliner

Leave a Reply