Cara membakar Lemak dengan Berenang

| 02/11/2014 | 7 Comments

Cara membakar lemak dengan berenang Sangat Efektif

Percayakah anda dengan berenang dapat membakar kalori atau lemak lebih banyak? Banyak orang beranggapan berenang itu tidak berkeringat maka tidak bisa membakar lemak. Padahal cara membakar lemak dengan berenang sangatlah efektif membakar timbunan lemak di tubuh, selain itu berenang juga bermanfaat untuk terapi cedera otot dan bermasalah dengan lutut seperti penyakit osteoarthritis.

Seberapa besar kalori yang bisa anda bakar saat berenang tergantung seberapa efisien anda bergerak di dalam air. Kecepatan dan gaya berenang dalam air sangat menentukan jumlah kalori yang dapat di bakar semakin efektif gerakan dalam air maka semakin besar pula jumlah kalori yang di bakar.

Cara membakar Lemak dengan Berenang Free style (Gaya Bebas)

Berenang dengan gaya bebas sangat mudah di lakukan, renang gaya bebas merupakan cara berenang dengan gaya sesuka anda. Berenang gaya bebas dapat membantu membakar lemak dengan kecepatan sedang dapat membakar sekitar 406 kkal/jam sedangakan dengan kecepatan tinggi seperti dalam pertandingan renang tentu kalori yang di bakar lebih banyak yaitu sekitar 686 kkal/jam.

Jika mencari olahraga apa yang tidak mengeluarkan keringat tapi dapat membakar lemak sudah pasti jawabannya berenang , tetapi perlu di perhatikan juga cara berenang yang efektif agar kalori yang di bakar lebih maksimal. Jika anda tidak bisa berenang dengan cepat, cobalah berenang dengan menempuh jarak yang jauh.

Bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan, cara membakar lemak dengan berenang 2-3 kali dalam seminggu sangat efektif menurunkan berat badan 1-3 kg dalam seminggu. Selain membakar kalori lebih banyak berenang juga dapat membentuk otot sehingga bentuk tubuh lebih atletis bebas dari tumpukan lemak.

Gaya berenang yang paling Efektif membakar kalori

Gaya kupu-kupu. Gaya berenang yang satu ini sangat sulit untuk di lakukan, tetapi paling banyak membakar kalori. Pergerakan tubuh yang berat di dalam air dengan gaya kupu-kupu inilah yang memerlukan banyak kalori bahkan kalori yang dibakar mencapai 966 kkal/jam.

Gaya Punggung. Berenang menggunakan gaya punggung dengan kecepatan sedang mampu membakar kalori hingga 336 kkal/jam. Atlit yang melakukan kompetisi dengan gaya punggung, dengan kecepatan tinggi dapat membakar kalori 665 kkal/jam.

Berenang gaya dada. Dengan kecepatan tinggi seperti saat berkompetisi berenang dengan gaya dada mampu membakar 721 kkal/jam. Jika di lakukan dengan kecepatan sedang seperti berenang saat rekreasi kalori yang dibakar mencapai 371 kkal/jam.

Cara membakar Lemak dengan Berenang Serta Kelebihan Lainnya

Selain bermanfaat membakar kalori dan membentuk otot tubuh, kebiasaan berenang mempunyai manfaat yang tidak kalah penting diantaranya adalah berikut ini:

  • Anti depresi dan Stress. Saat berenang otot melakukan relaksasi, dan pengaturan pernafasan. Itulah mengapa berenang mampu mengatasi depresi dan stress.
  • Baik untuk kesehatan jantung. Dengan melakukan aktifitas berenang secara rutin, akan memacu jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh. Beberapa penelitian mengklaim berenang secara rutin dapat mencegah terkena serangan jantung koroner.

Dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari berenang, tidak salah jika olahraga yang satu ini termasuk salah satu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun beberapa hal yang harus di perhatikan saat anda berenang agar tubuh tetap prima:

  • Makanlah 1 jam sebelum anda berenang. Jika perut dalam keadaan kosong bisa menimbulkan berbagai macam resiko seperti kejang otot, masuk angin ,dll.
  • Minum air putih. Saat berenang tubuh banyak mengeluarkan energi sehingga bisa menimbulkan dehidrasi.
  • Sediakan camilan sehat. Sehabis berenang tentu anda akan merasa lapar, oleh karena itu persiapkan makanan camilan sehat yang kaya akan protein agar tubuh tetap prima dan program penurunan berat badan anda berhasil.

Bravo, keep Fight!

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Kesehatan

Leave a Reply