cara menaikkan hb darah dengan cepat

| 04/01/2018

cara menaikkan hb darah dengan cepat dengan makanan pendongkrak hb

cara menaikkan hb darah dengan cepat bisa menggunakan berbagai cara mulai dari mengkonsumsi makanan yang dapat mendongkrak kadar HB darah , obat-obatan medis hingga menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga.

Penderita anemia pada umumnya kekurangan hemoglobin dalam sel darahnya. Aibatnya tubuh kekurangan asupan oksigen jika di biarkan bisa mengakibatkan kondisi kesehatan yang buruk bagi penderitanya.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti mudah pusing, cepat lelah , muka pucat kemungkinan besar anda terkena anemia. Gejala di atas biasnaya di ikuti dengan rasa mual , demam hingga diare. Oleh karena itu kadar hemoglobin dalam darah harus tetap seimbang agar terhindar dari penyakit anemia.

Untuk anemia ringan jenis – jenis makanan berikut ini bisa membantu menaikkan kadar HB darah. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat menambah sel-sel darah merah dengan cepat

cara menaikkan hb darah dengan cepat
1. Seafood

Penderita anemia di anjurkan mengkonsumsi makanan laut atau seafood seperti ikan salmon, lele , tiram , ikan tuna , lobster , gurita , kepiting, dll. Seafood mengandung zat besi dan vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan terutama sel darah merah.

2. Mengkonsumsi Buah-buahan

Konsumsilah buah-buahan ynag mengandung banyak zat besi seperti alpukat , apel , pisang , jeruk , semangka, dll. Selain zat besi buah juga mengandung antioksidan alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Daging sapi

Khususnya daging merah makanan yang paling baik untuk menambah jumlah sel-sel darah merah. Dagung sapi mengandung mineral seperti zat besi dan vitamin B12 yang di butuhkan darah.

4. Produk susu

Susu atau produk olahan susu seperti yoghurt dan keju mengandung nutrisi tinggi. Selain baik untuk menambah sel darah merah juga baik untuk kesehatan tulang dan memperbaiki kinerja otot.

5. Kacang-kacangan

Pada umumnya setiap jenis kacang-kacangan mengandung zat besi namun beberapa jenis memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti kacang polong, kacang merah , kedelai dan kacang lentil. Mengkonsumsi secara rutin sebagai menu makan sehari-hari sangat baik untuk penderita anemia.

cara menaikkan hb darah dengan cepat dengan Suplemen Penambah Darah

Jika mengkonsumsi jenis makanan di atas belu mampu menambah sel darah merah , mengkonsumsi suplemen penambah darah juga menjadi solusi yang tepat. Suplemen penambah darah membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah merah lebih banyak.

Pilihlah jenis suplemen yang mengandung vitamin dan mineral sepeti zat besi , vitamin B12 , vitamin B6 , dan vitamin E. Pastikan komposisi suplemen yang anda pilih mengandung vitamin dan mineral tersebut.

Hindari mengkonsumsi alkohol , minuman yang mengandung kafein , seperti kopi dan teh. Jika anemia anda tidak kunjung membaik dengan cara-cara di atas pengobatan medis perlu anda lakukan misalnya dengan transfusi darah, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

Itulah beberapa cara menaikkan hb darah dengan cepat semoga artikel ini bermanfaat.

Tags: , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.