cara mengatasi bau mulut kronis permanen dengan bahan alami

| 05/01/2018

Tips cara mengatasi bau mulut kronis permanen dengan bahan alami

cara mengatasi bau mulut kronis menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita tidaklah sulit. Bau mulut yang tidak sedap merupakan masalah besar karena menimbulkan rasa kurang percaya diri , menjaga kebersihan mulut dan gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan bau tak sedap ada faktor lain yang perlu anda kenali.

cara mengatasi bau mulut kronis permanen dengan bahan alami

Bau mulut tidak sedap

Kenali penyebab nafas bau 

Menurut Drg Erma Sofiani SpKG dari FKG Univ Muhammadiyah yogyakarta, ada dua faktor yang menyebabkan bau mulut tidak sedap yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Faktor eksternal atau faktor dari luar tubuh berasal dari jenis makanan tertentu seperti bawang merah , jengkol , petai , dll. Dan faktor internal berasal dari dalam tubuh kita yaitu masalah lambung , dan gigi.

Jika masalahnya di lambung sebaiknya hindari makanan dan minuman dengan kadar asam yang tinggi seperti makanan pedas dan kopi. Makanan tersebut dapat meningkatkan asam di lambung.

Jika bau mulut di sebabkan karena gigi berlubang atau karang gigi sebaiknya jaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi minimal 2x sehari dan menggunakan obat kumur khusus. Hindari juga makanan manis yang dapat menyebabkan timbulnya bakteri pada gigi. Periksalah gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Kurang Minum Air putih

Kurang minum dapat menimbulkan bau mulut ini disebabkan tubuh kekurangan cairan untuk memproduksi air liur. Sedangkan air liur di butuhkan untuk membunuh bakteri dalam mulut. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan mencegah bau mulut yang kurang sedap.

Radang Tenggorokan

Radang pada tenggorokan juga dapat menimbulkan bau mulut, cara mengatasinya cukup mudah berkumurlah menggunakan air garam yang berguna membunuh bakteri penyebab bau mulut.

 

Jika anda sudah mengetahui berbagai penyebab bau mulu tak sedap, cobalah tips cara mengatasi bau mulut kronis dibawah ini:

 

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sering di gunakan sebagai obat sariawan selain itu juga baik untuk mengatasi masalah bau mulut. Mengkonsumsi vitamin C secara teratur bisa jadi solusi masalah bau mulut anda. Anda bisa mendapatkan vitamin C yang banyak dijual di apotik.

Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih

Daun sirih mengandung bahan antiseptik alami yang ampuh mengatasi bau mulut. Cara meggunakannya jadikan obat kumur secara teratur. Ambillah daun sirih 5-10 lembar kemudian rebus dengan menggunakan air secukupnya hingga mendidih , setelah dingin gunakan sebagai obat kumur.

Mengkonsumsi  Buah dan Sayur

Mengkonsumsi sayuran dan buah dapat meningkatkan produksi air liur yang berguna untuk mengendalikan jumlah bakteri berlebihan terutama pada mulut dan gigi. Selain itu buah dan sayur mengandung berbagai macam vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

 

 

 

Tags: , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.