Cara Mengganti Puasa Bulan Ramadhan

| 15/06/2015 | 0 Comments

Tata Cara Mengganti Puasa Bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi mereka yang telah baligh atau dewasa. Puasa di bulan ramadhan hukumnya wajib. Bagi setiap muslim dan muslimah, bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim. Betapa tidak, karena bulan ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Bahkah dalam sebuah riwayat menyebutkan bahwa bulan ramadhan dibandingkan dengan 1000 bulan lainnya.

Tata Cara Mengganti Puasa Bulan Ramadhan Hukum, dan Niat Qodha

Keutamaan dalam bulan ini, salah satunya adalah amal ibadah kita, mendapat ganjaran pahala berkali-kali lipat, jika kita melaksanakannya dengan niat Lillahi Ta’Ala, yaitu niat sungguh-sungguh karena Allah. Namun, tidak semua muslim bisa menjalankan puasa di bulan ini. Salah satu kendalanya seperti sakit, wanita yang sedang datang bulan / cara mengganti puasa ramadhan karena haid, wanita hamil, orang tua yang sudah renta dan tidak sanggup berpuasa, musafir dsb.

1. Mengqadha Puasa

Bagi anda yang terlanjur tidak dapat berpuasa pada bulan ramadhan dan ingin menggantinya, maka ada beberapa cara. Tata cara mengganti puasa bulan ramadhan yang paling umum adalah dengan mengqadha puasa. Qadha memiliki arti memenuhi atau melaksanakan. Menurut ilmu Fiqh, istilah qadha berarti pelaksanaan ibadah yang dilakukan di luar waktu yang telah di tetapkan dalam syariat Islam. Termasuk, Qadha puasa.

Mengganti puasa ini, menurut beberapa ulama adalah mengganti sejumlah hari yang telah ditinggalkan, sebagaimana yang telah termaktub dalam surah Al Quran 184, yang menyebutkan tentang wajibnya mengganti puasa ramadhan yang telah ditinggalkan.

2. Mengganti puasa ramadhan dengan fidyah

Semenatra bagi yang tidak bisa mengganti puasa karena uzur, seperti orang sakit atau sudah renta, yaitu cara mengganti puasa ramadhan dengan fidyah; wajib baginya membayar puasa dengan memberikan makan kepada 1 orang fakir miskin, sebanyak hari yang ia tinggalkan. Namun ini tidak terbatas jika ingin melebihkan jumlah nominal fakir miskin.

3.Cara mengganti puasa ramadhan karena haid

Bagi wanita yang mengqadha puasa karena haid atau menstruasi , nifas, perjalanan jauh (termasuk pria/wanita dewasa),  atau sakit (kemudian sembuh), wajib baginya mengganti puasa di luar bulan ramadhan , dan tidak wajib membayar fidyah. Sedangkan wanita yang datang bulan dan tidak pernah mengganti puasanya karena tidak tahu (jahil) yaitu mengganti puasa sehari yang ia tinggalkan, dan memberi makan 1 orang fakir miskin setiap harinya, dan paling penting selalu beristighfar, mohon ampunan kepada Allah.

Semoga sedikit informasi tata cara mengganti puasa bulan ramadhan ini bermanfaat bagi anda. Dan amalan puasa  kita di bulan ramdhan di terima oleh ALLAH SWT sehingga kita selalu menjadi orang yang taat dab bertakwa kepada-Nya.

NB:

Bulan puasa momen yang tepat menurunkan berat badan !!

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Jual Tas Anak Muslim

Leave a Reply