Cara menghitung Berat badan ideal Wanita

| 10/09/2014 | 0 Comments

Cara menghitung berat badan ideal wanita Dan Pria

 

Berat badan merupakan masalah  yang cukup serius bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Diet ketat dan olahraga menjadi alternatif agar tubuh tetap ideal, cara menghitung berat badan ideal wanita atau pria sebenarnya sama saja yaitu berpedoman pada tinggi badan dan menggunakan rumus tertentu.

Dengan berat badan yang ideal tentu mempunyai kebanggaan tersendiri dan yang paling penting adalah manfaatnya bagi kesehatan. Ada beberapa cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria yaitu dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT), mengukur secara langsung lingkar pinggang dan menggunakan rumus Berat Badan Ideal (BBI).

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan Rumus IMT

Indeks Massa Tubuh (IMT) dapat di jadikan patokan apakah berat badan anda ideal atau masuk kategori gemuk (obesitas). Di bawah ini adalah rumus Indeks Massa Tubuh (IMT):

\fn_cm IMT=\frac{Berat\, Badan (kg)}{(Tinggi\, badan)^2}

Tinggi badan harus di ubah dahulu kedalam satuan meter (m) dan berat badan dalam satuan kilogram (kg). Indeks Massa Tubuh yang di peroleh melalui perhitungan rumus diatas, harus berpatokan pada Tabel IMT dibawah ini  yang merupakan standar dari Organisasi kesehatan dunia WHO.

Tabel-IMT-menentukan berat badan ideal wanita

Tabel IMT- Standar WHO

Contoh cara menghitung berat badan ideal wanita dengan rumus IMT :

Si A memiliki berat badan 86 kg dan tinggi badan 167 cm, bagaimanakah kondisi berat badan  si A?

\dpi{100} \fn_cm \\\\IMT=\frac{86}{(1,67)^2} \\\\IMT=\frac{8,67}{2,79} \\\\IMT=30,8

Tinggi badan A yaitu 167 cm  =  1,67 m. Maka IMT si A adalah 30,8 yang berdasarkan tabel masuk kategori Obesitas I.

Coba hitung IMT anda jika masuk kategori gemuk atau obesitas sebaiknya mulai untuk melakukan program penurunan berat Badan.

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan mengukur Langsung Lingkar pinggang

Berat badan yang ideal juga bisa di tentukan dari ukuran linggar pinggang, dan caranya pun sangat mudah. Gunakan tabel di bawah ini sebagai pedomannya:

tabel-berat badan ideal wanita berdasarkan lingkar pinggang

Tabel- Ukuran lingkar Pinggang

Ukur secara langsung lingkar pinggang anda dengan menggunakan pita meteran, lalu catat hasil pengukuran dan bandingkan dengan tabel diatas. Misalkan jika anda laki-laki dengan lingkar pinggang 80 cm maka berat badan anda tergolong ideal.

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan Rumus BBI

Rumus Berat Badan Ideal (BBI) merupakan cara yang paling mudah untuk menentukan berat badan ideal seseorang berdasarkan tinggi badannya. Rumus Berat Badan ideal adalah :

\bg_green \fn_cm BBI=(TB-100)- \frac{1}{10}(TB-100)

Keterangan rumus:

BBI = Berat Badan ideal (kg)

TB = Tinggi badan (cm)

Contoh cara menghitung berat badan ideal wanita dengan rumus BBI :

Ibu Santi mempunyai tinggi badan 170 cm, berapakah berat badan ideal ibu Santi?

Cara menghitngnya adalah :

\dpi{100} \fn_cm \\\\BBI=(170-100)-\frac{1}{10}(170-100) \\\\BBI=70-7 \\\\BBI=63

Jadi berat badan ideal bu Santi adalah 63 kg jika lebih atau kurang maka berat badan ibu Santi bisa di katakan tidak ideal.

Tiga macam cara menghitung berat badan ideal wanita diatas bisa anda pakai sebagai pedoman apakah berat badan anda tergolong ideal atau tidak. Selain dengan cara konvensional diatas ada cara yang paling mudah apakah berat badan anda ideal atau tidak yaitu dengan kalkulator berat badan dibawah ini :


Ketikkan tinggi badan anda di bagian HEIGHT (cm) kemudian berat badan di bagian WEIGHT (kg) kemudian klik Calculate maka akan muncul tulisan di tampilan monitor BMI atau IMT anda. Ukuran yang terbaca yaitu UNDERWEIGHT jika  berat badan di bawah berat badan ideal, NORMAL WEIGHT jika berat badan anda ideal dan OVERWEIGHT jika berat badan melebihi berat badan ideal. Tidak ada salahnya mencoba program diet yang sehat untuk menghindari berat badan yang belebihan.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Rumus Berat Badan Ideal

Leave a Reply