Cara mengupas Kulit ari kacang mete

| 20/08/2014

Mengenal jambu Mete dan cara mengupas kulit ari kacang mete

 

Cara mengupas kulit ari kacang mete– Anda pasti tahu tanaman jambu mete yang dalam bahasa latinnya anacardium occidentale L atau yang lebih populer di Indonesia dengan nama jambu monyet. Banyak manfaat dari tanaman ini selain sebagai bahan makanan juga berguna untuk memperbaiki lahan kritis dan penghijauan.

Tanaman jambu mete menghasilkan produk utama berupa biji, cairan minyak  kulit jambu mete, dan daging buah. Biji nya banyak digunakan sebagai bahan dasa pada indsutri makanan juga di olah menjadi makanan ringan (snack) bahkan termasuk komoditi ekspor yang menguntungkan.

Salah satu kesulitan dalam mengolah biji mete ini adalah cara mengupas kulit ari kacang mete agar diperoleh biji yang utuh saat proses  pengupasan.

Teknik Pengolahan dan Cara mengupas kulit ari kacang mete

Biji jambu mete harus melalui beberapa proses dalam pengolahannya, sehingga akan di peroleh produk biji mete yang baik dan berkwalitas. Proses pengolahan jambu mete melalui tahapan-tahapan seperti di bawah ini:

  1. Tahap pengeringan : Berdasarkan data departemen pertanian jambu mete yang kering dengan kadar air 5% lama pengeringan 1 sampai dengan 2 hari.
  2. Tahap Penyimpanan : Menyimpan biji jambu mete haruslah dalam kondisi benar-benar kering, jika tidak biji mete akan berwarna kecoklatan dan di simpan dalam karung.
  3. Tahap Pengupasan kulit luar: Teknik pengupasankulit luar biji mete bisa dilakukan dengan cara memukul biji mete, tetapi sebelumnya biji mete di goreng atau di sangrai terlebih dahulu dalam panci terbuka Kemudian siram dengan air dingin. Kemudian kupas biji mete satu persatu diatas talenan atau landasan.
  4. Tahap pengeringan biji mete: Pengeringan biji mete dilakukan setelah kulit luar di kupas bertujuan untuk mengurangi kadar airnya hingga 3% dan mempermudah mengupas kulit arinya.Pengeringan ini bisa dilakukan dibawah sinar matahari langsung atau menggunakan alat pemanas mekanik.
  5. Pengupasan kulit ari biji mete: Pengupasan kulit ari  yang dilakukan para petani di daerah-daerah masih menggunakan cara manual satu persatu. Namun jika telah melewati proses-proses diatas maka cara mengupas kulit ari kacang mete jauh lebih mudah.

Jika biji mete telah bersih dari kulit ari proses selanjutnya adalah melakukan pengemasan yang bisa di lakukan menggunakan kemasan plastik yang hampa udara.

Jika di lakukan secara serius dan profesional usaha pengolahan biji jambu mete dapat menghasilkan income yang besar bagi para petani, dan juga sebagai sumber devisa negara asalkan memenuihi standar kualitas sebagai komoditi ekspor.

Namun jika ingin mengolah biji mete secara profesional tentunya cara mengupas kulit ari kacang mete harus menggunakan alat mekanis agar lebih efisien dan biji mete tidak pecah sehingga harganya tetap tinggi.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Iptek

Comments are closed.