Cara menurunkan berat badan

| 17/04/2015 | 0 Comments

Diet sehat dan Cara  menurunkan Berat badan Secara alami

Banyak sekali yang bertanya bagaimana sih cara menurunkan berat badan yang sehat dan cepat ? hal inilah yang membuat saya termotivasi untuk membuat artikel ini. Kesehatan dan penampilan prima merupakan dua hal yang saling berkaitan , tubuh yang gemuk di penuhi lemak di mana-mana tentu sangat mengganggu penampilan anda bukan?

Ukur Indeks Massa Tubuh (IMT)

Kegemukan atau obesitas merupakan masalah yang umum di hadapi masyarakat modern, untuk mengukur apakah anda obesitas bisa menggunakan ukuran Indeks Massa Tubuh (IMT). Rumus nya yaitu :

IMT = Berat badan  : tinggi badan ²

keterangan :

  • Berat badan (kg)
  • tinggi badan  (m)

Menurut aturan standar dari WHO jika IMT lebih dari 30 kg/m² maka anda tergolong obesitas dan harus menurunkan berat badan agar tidak mengganggu kesehatan tubuh anda.

Faktor-faktor penyebab dari obesitas

Pola makan tidak sehat pemicu utama obesitas

Pola makan tidak sehat pemicu utama obesitas

Obesitas atau kegemukan tentu tidak terjadi serta merta, ada beberapa faktor yang menyebabkan tubuh di penuhi tumpukan lemak diantaranya adalah:

  1. Asupan makanan yang terlalu berlebihan
  2. Aktifitas fisik yang sangat kurang
  3. Karena keturunan atau genetik
  4. Karena pengaruh obat-obatan tertentu

Anda tentu telah banyak mendengar atau membaca efek dari kelebihan berat badan yaitu kemungkinan terserang penyakit sangat besar terutama diabetes, jantung, asma , gangguan sendi dan kanker.

Diet sehat dan olahraga merupakan syarat mutlak bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Berikut cara menurunkan berat badan secara alami yang sebaiknya di jalankan:

Kurangi konsumsi makanan berkalori tinggi

Makanan yang mengandung kalori tinggi seperti gula , lemak dan karbohidrat. Beberapa contoh makanan yang harus di hindari bagi anda yang obesitas yaitu es krim , daging olahan, fast food, gorengan, roti tawar putih, minuman yang mengandung soda, susu, keripik kentang, kopi instan, mayones, dll.

Penuhi kebutuhan serat Tubuh 

Serat sangat berguna untuk melancarkan saluran pencernaan dan membantu membuang racun atau sampah dalam tubuh. Serat dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga baik sekali untuk diet dan program penurunan berat badan. Sumber serat dapat di peroleh dari buah-buahan dan sayuran seperti buah pepaya, plum, apel, jeruk , pir, anggur hijau, pisang dan strawberry. jenis sayuran seperti lobak , bayam , brokoli, kembang kol, labu, kacang-kacangan dan kubis merah.

Diet Sehat  

cara diet sehat  untuk menurunkan berat badan

cara diet sehat untuk menurunkan berat badan

Mengurangi asupan makanan merupakan keharusan , namun ada beberapa kriteria diet yang sehat untuk menurunkan berat badan yaitu :

  • Tetap memenuhi asupan gizi yang sehat
  • Penurunan yang normal 0,5 kg / minggu
  • Memenuhi asupaan kalori  yang seimbang
  • Cukup minum air putih
  • Hindari diet soda

Ingin mulai menurunkan berat badan? ikuti tips berikut ini, agar diet sukses dan maksimal:

  1. Jangan menunda. Diet membutuhkan tekad dan niat yang kuat, mulailah sekarang juga dan jangan lagi menunda untuk melakukaan program diet.
  2. Tetap sarapan. Sarapan yang sehat wajib dalam diet, dengan sarapan bisa menghindari kelaparan yang memicu makan berlebih saat makan siang.
  3. Minum air putih. Air putih membantu membakar lemak dan membuang racun dalam tubuh, minum 8 gelas setiap hari akan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
  4. Tetap olahraga. Olahraga secara teratur 3-4 kali per minggu dengan durasi 1 hingga 1,5 jam harus anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Olahraga mampu membakar timbunan lemak dalam tubuh dan membakar kalori.
  5. Tidak perlu diet ketat. Mengurangi asupan kalori misalkan sampai 600-800 kalori setiap hari membahayakan bagi tubuh karena metabolisme tubuh menjadi lambat. Tetap penuhi kebutuhan kalori sekitar 1500 kalori per hari.

Olahraga untuk menurunkan berat badan

Olahraga sangat baik untuk membangun otot dan membakar kalori, beberapa jenis olahraga berikut ini dapat menurunkan berat badan:

Bersepeda

Berolahraga dengan bersepeda dapat membakar kalori hingga 1100 kalori setiap jam tergantung pada durasi, medan yang di tempuh dan kecepatan dalam bersepeda. Bersepeda juga bisa sebagai ajang rekreasi dan cukup mudah untuk di lakukan.

Lari

lari adalah olahraga murah dan sangat efektif membakar kalori, menguatkan jantung dan memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Saat berlari selingi dengan berlari sprint sekitar 2 menit, agar kalori lebih banyak terbakar.

Berenang

Berenang dapat membakar kalori hingga 700 kalori per jam, dengan melakukan renang yang benar. Berenang dengan gaya apa pun dapat menurunkan berat badan asal di lakukan dengan konsisten dan teratur. Selain itu berenang juga membantu membentuk otot-otot tubuh dan perut agar lebih kencang.

Gerakan Yoga untuk menurunkan berat badan

gerakan yoga membantu menurunkan berat badan

gerakan yoga membantu menurunkan berat badan

Gerakan-gerakan dalam yoga bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan , Selain untuk melatih keseimbangan dan kesehatan pikiran. Yoga juga tidak terlalu berat untuk di jalankan, namun perlu bimbingan instruktur yoga agar gerakan yoga lebih maksimal.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Tips Diet Sehat

Leave a Reply