Cara merawat Bayi baru lahir Di rumah

| 21/08/2014 | 0 Comments

Cara merawat bayi baru lahir di rumah Saat kelahiran anak Pertama

 

Saat kelahiran anak  pertama merupakan saat-sat yang paling membahagiakan sekaligus juga bercampur cemas dan kekhawatiran. Bagiamana tidak cemas, ini adalah pengalaman pertama menjalankan peran baru  sebagai ayah ataupun sebagai ibu. Terutama jika berhubungan dengan cara merawat bayi baru lahir di rumah, tapi kekhawatiran dan kecemasan bagi pasangan yang baru mendapat momongan adalah hal yag wajar.

Sebenarnya tidak perlu cemas jika mengikuti petunjuk yang di berikan bidan dan dokter anda. Yang perlu di perhatikan tentang cara merawat bayi baru lahir di rumah adalah cermat, berhati-hati dan jangan mudah panik.

Untuk dapat memberikan yang terbaik untuk bayi anda, ada kebiasaan-kebiasaan penting yang mesti di perhatikan agar bayi anda memperoleh perhatian dan perawatan yang terbaik.

5 tips dan Cara merawat bayi baru lahir di rumah

 

Untuk membekali pengetahuan anda tentang perawatan bayi, tips dibawah ini layak anda coba dan praktekkan di rumah:

1. Merawat bayi dengan Bedong

Membedong bayi merupakan kebiasaan turun temurun yang biasa di lakukan kebanyakan para ibu di Indonesia. Karena dengan bedongan bayi akan merasa hangat dan dapat mengurangi cacat pada bayi misalnya kelainan tulang, dan mencegah efek terkejut pada bayi.

Tapi sebaiknya membedong bayi tidak terlalu erat, dan dianjurkan untuk sering membebaskan bayi dari bedongan agar ia bisa bergerak dan tumbuh dengan baik. Jika bayi anda demam sebaiknya jangan di bedong karena membedong justru akan menambah panas suhu tubuhnya. Begitupula saat bayi sedang di susui bebaskan ia dari bedongan agar bayi bisa bebas berinteraksi dengan anda karena hubungan dan kontak fisik antara ibu dan bayi sangat baik untuk pertumbuhannya.

2.Mengatasi rasa kejut pada bayi

Rasa terkejut pada bayi atau hynogogic startles berupa gejala gemetar dan kejang dalam beberapa detik saja. Setelah bayi berumur 3 bulan gejala kejut ini akan segera hilang, saat bayi mengalami hynogogic startles segera beri ia rasa nyaman dan kehangatan dengan mendekap nya dengan lembut usap-usap dengan lembut dadanya sampai ia merasa nyaman dan kembali tertidur pulas jangan lupa membenarkan kembali posisi tidurnya.

3.Gunakan popok yang lembut dan aman

Cara merawat bayi baru lahir di rumah jika menggunakan popok sebaiknya pilih popok bayi berbahan katun karena lembut untuk kulit bayi yang sensitif. Jika menggunakan pampers perhatikan selalu kondisi nya, segera ganti jika pampers terlihat basah agar bayi anda terhindar dari gatal dan iritasi kulit.

4. Hati-hati saat memberi bedak bayi

Setelah anda selesai memandikan bayi di pagi atau sore hari sebaiknya tidak menaburi tubuh bayi dengan bedak powder. Debu halus dari bedak powder dapat terhisap dan masuk ke paru-parunya sehingga pernafasannya dapat terganggu. Jika ingin memberi bayi bedak, gunakan bedak bayi  padat dan spons yang lembut. Usapkan tipis dan perlahan pada bagian-bagian tubuh bayi yang sensitif seperti lipatan paha, leher, ketiak, lipatan bagian bawah lutut bayi.

5. Cara merawat bayi baru lahir di rumah  setelah buang air besar dan kecil

Tidak di anjurkan menaburkan bedak tabur atau bedak talk pada daerah kelamin atau pantat bayi karena sisa-sisa bedak akan menempel pada lipatan kulit bayi dan bisa menjadi sarang bakteri. Bedak talk juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi dan menutup pori-pori nya hingga sirkulasi udara terhambat terutama di daerah-daerah kelamin yang tertutup. Jika bayi sudah selesai buang air besar atau kecil cukup bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat lalu bersihkan dengan kain atau handuk yang lembut.

Memandikan bayi baru lahir

cara memandikan bayi baru lahir

cara memandikan bayi baru lahir sendiri

Untuk ibu pemula memandikan bayi baru lahir pertama kali bukanlah perkara mudah. Coba ikuti tips berikut ini saat anda memandikan bayi :

  1. Siapkan semua peralatan mandi bayi seperti handuk , shampo bayi , bak mandi , gayung , dll.
  2. Pastikan suhu air untuk memandikan bayi tidak terlalu panas atau dingin. Sebaiknya gunakan air hangat dengan suhu 36-37 derajat celsius
  3. Pilih sabun yang tidak terlalu banyak busa karena bisa menimbulkan iritasi kulit. Pilihlah sabun khusus bayi yang lembut dan mengandung vitamin E
  4. Mandikan bayi sebelum di beri makan , karena menghindari bayi bisa muntah atau gumoh .
  5. Lepaskan baju bayi dengan hati-hati bungkus bayi anda dengan handuk yang lembut dan letakkan di pangkuan atau menggunakan alas kedap air.
  6. Mulailah membersihkan kelopak mata bagian atas dengan waslap yang telah di rendam air hangat
  7. Lanjutkan ke bagian telinga , lipatan pada leher , tangan hingga telapak kaki
  8. Usapkan shampo bayi pada telapak tangan anda hingga berbusa, kemudian perlahan usapkan ke kepala bayi dengan lembut kemudian bilas dan bersihkan hingga busa tak tersisa.

Tidak sulit bukan? Sebagai ibu anda punya tugas dan peran baru dan harus mempunyai bekal tentang cara merawat bayi baru lahir di rumah, selamat mencoba enjoy!

Tags: , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply