Apakah Wanita Gemuk Sulit Punya Anak dan berisiko bayi cacat

| 13/08/2017

Kebenaran Tentang Apakah Wanita Gemuk Sulit Punya Anak Atau Tidak

 

Pertanyaan tentang apakah wanita gemuk sulit punya anak memang sering ditanyakan, terlebih bagi pasangan yang baru menikah yang mengalami kegemukan. Namun, apakah memang benar demikian?

Kegemukan/obesitas memang menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Betapa tidak, obesitas dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung.

Apakah Wanita Gemuk Sulit Punya Anak

Begitu pula dengan masalah kesuburan. Wanita yang punya berat badan berlebih punya permasalahan kesuburan. Artinya, wanita tersebut beresiko mengalami kesulitan untuk hamil.

Pertanyannya kemudian adalah apa yang menyebabkan wanita gemuk sulit hamil? Kemudian, apakah ada cara khusus untuk mengatasinya bila memang terjadi demikian? Inilah yang akan diulas di sini. Jadi, mari simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

 

Penyebab Wanita Gemuk Sulit Untuk Hamil

Hampir kebanyakan penjelasan tidak memihak wanita yang gemuk untuk bisa hamil. Artinya, jawaban dari benarkah wanita gemuk sulit punya anak memang benar adanya. Hanya saja, ini tidak menutup kemungkinan jika tetap bisa hamil.

Penyebab utamanya adalah infertilitas atau ketidaksuburan. Ya, orang yang gemuk normalnya mengalami masalah demikian.

Wanita yang gemuk normalnya akan mengalami perubahan hormonal. Akibat dari perubahan ini adalah ketidakteraturan menstruasi wanita.

Ketidakteraturan ini kemudian mempengaruhi fase ovulasi. Jadi, tak salah jika wanita gemuk akan sulit untuk hamil.

Selain itu, penumpukan lemak pada area perut wanita akan menekan dan mencegah maturation folikel.  Buah dari kondisi ini adalah menurunnya proses ovulasi.

Lalu bagaimana jika dirangsang dengan obat penyubur kandungan? Jawabannya memang mungkin. Hanya saja, penyubur kandungan ini memiliki kadar keberhasilan yang rendah bila dibandingkan dengan yang tidak gemuk.

Bahkan yang mengkhawatirkan adalah orang yang mengandung saat gemuk rawan mengalami keguguran. Parahnya lagi, wanita tersebut akan sulit hamil untuk kedua kalinya.

Keadaan di atas tentu menjadi kode keras jika hamil di saat wanita mengalami obesitas tidaklah bagus. Karena orang tersebut butuh banyak hal untuk merawat janin jika memang diberikan kesempatan hamil di masa tersebut.

 

Solusi Buat Wanita Gemuk Agar Bisa Hamil

Bagi Anda yang terlanjur mengalami obesitas tentu keinginan untuk memiliki anak masih terbuka lebar. Tentunya dengan ketelatenan menjaga kesehatan diri agar harapan untuk anak bisa terwujud.

Jika Anda memang tetap ingin hamil, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Tentunya ada sedikit pengorbanan yang harusnya dijalani.

Pertama adalah mencoba untuk menurunkan berat badan. Ini adalah langkah yang seharusnya dilakukan. Karena penyebab Anda sulit hamil adalah timbunan lemak yang merubah ovarium tidak subur.

Rencana ini memang membutuhkan support dari pasangan. Kemudian didukung dengan keinginan kuat untuk menurunkan berat badan secara berkala. Hanya saja, Anda perlu bersabar ketika menjalankan proses penurunan berat badan.

Kedua adalah melakukan tes darah. Tujuannya adalah untuk mengetahui kenapa Anda sulit untuk menurunkan berat badan.

Ketiga adalah periksalah siklus haid Anda. Hal ini ditujukan untuk mengetahui lebih jelas tentang masa subur Anda.

Ketika Anda menemukan waktu subur, maka proses ovulasi akan semakin mudah. Akhirnya, Anda akan mudah hamil dan memiliki momongan nantinya.

Keempat adalah mengkonsumsi makanan penyubur kandungan. Anda bisa membiasakan diri dengan makanan-makanan tersebut, contohnya adalah makanan yang kaya akan kandungan asam folat.

Kesimpulan dari apakah wanita gemuk sulit punya anak adalah bisa, hanya saja wanita yang mengalami kegemukan memiliki presentase rendah untuk bisa mengandung dan memiliki momongan. Oleh karenanya, cara paling pas agar bisa cepat hamil adalah mengikis lemaknya.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.