Contoh suplemen makanan berserat untuk diet sehat

| 24/04/2015 | 1 Comment

Penuhi makanan berserat untuk diet dan Menjaga metabolisme Tubuh

contoh makanan berserat tinggi untuk dietDiet yang sehat adalah diet yang menerapkan pola makan sehat. Dan makanan sehat di dalamnya terdapat makanan berserat untuk diet dan menjaga kesehatan tubuh. Sehingga dengan makanan yang berserat, diet akan menjadi lebih efektif.

Apa itu Serat Larut dan tidak Larut?

Makanan berserat sendiri atau dietary fiber ini berdasarkan kelarutannya dibagi atas 2 kelompok, yakni serat makanan larut air (soluble dietary fiber) dan serat makanan tidak larut air (insoluble dietary fiber). Serat makanan larut air lebih mudah untuk dicerna di dalam tubuh, sehingga akan mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk selanjutnya dibuang.

Nutriburst  synergy Suplemen serat tinggi Baik untuk Diet

Nutriburst Synergy Suplemen serat tinggi Baik untuk Diet

Harga Nutriburst Synergy Rp 455.000;

Isi Bersih 532 Gram

POM SI 044209551

 

Sedangkan serat makanan tidak larut air akan tetap utuh hingga serat tersebut dicerna di usus dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Dan serat makanan tidak larut air inilah yang menciptakan efek tidak mudah lapar dan kenyang lebih lama. Sepertiga dari total serat makanan yang terdapat dalam tubuh kita merupakan serat makanan yang larurt dalam air dan bagian yang terbesarnya adalah serat tidak larut air.

Namun baik serat makanan yang larut dalam air maupun serat makanan yang tidak larut dalam air, keduanya sama-sama merupakan serat yang baik untuk diet.

Ciri-ciri makanan berserat untuk diet yang Baik

Ciri sumber serat yang baik untuk diet adalah serat makanan yang mengandung banyak air, karena air secara tidak langsung membantu diet dalam hal peluruhan lemak. Sumber serat yang baik untuk diet yang berasal dari sayur-sayuran adalah sayur-sayuran hijau yang membantu melancarkan BAB, seperti bayam, sawi, brokoli, kangkung, daun pepaya, dan sayuran hijau yang lainnya.

Jagung Dan kentang sayuran berserat tinggi untuk diet

Jagung dan kentang juga merupakan sumber serat alami, karena jagung memiliki kandungan nutrisi antioksidan yang tinggi sedangkan kentang dapat mengurangi penyerapan kolestrol pada makanan, khususnya kolestrol jahat dalam darah. Kacang-kacangan juga merupakan sumber serat alami larut air yang baik bagi tubuh,

Serat lami kacang-kacangan

Khususnya kacang merah, kacang hitam, kacang putih, kacang almond, dan kacang polong.

Buah berserat tinggi untuk diet

Sedangkan sumber serat alami yang berasal dari buah-buahan terdapat pada buah apel yang berkhasiat dalam menstabilkan tekanan darah. Serat juga terdapat pada buah pepaya berkhasiat mengurai protein dalam usus sehingga dapat membantu mengatasi sembelit, serta buah-buahan yang banyak mengandung air seperti buah pir, buah belimbing, buah melon dan semangka yang berkhasiat untuk memperlancar BAB.

Buah alpukat juga baik untuk dikonsumsi saat diet karena mengandung serat dan asam lemak tak jenuh yang berkhasiat menurunkan kolestrol dan mengurangi resiko pennyakit jantung.  Selanjutnya buah naga, jambu merah dan tomat sebagai buah anti kanker yang memiliki antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh khususnya saat sedang menjalani diet sehat.

Buah berserat tinggi untuk diet dan contoh makanan kaya serat lainnya mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Selain serat alami saat ini banyak suplemen serat yang berfungsi sebagai sumber serat makanan saat menjalani diet.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Suplemen Serat

Leave a Reply