Dampak Bahaya anak yang tidak imunisasi lengkap

| 03/08/2017

Penting Dipahami, Inilah Bahaya Anak Yang Tidak Imunisasi Secara Sempurna!

merawat bayi tanpa imunisasi, anak sehat tanpa imunisasi, anak saya tidak diimunisasi, perbedaan bayi yang diimunisasi dan tidak diimunisasi, dampak imunisasi tidak lengkap

Bahaya anak yang tidak imunisasi tidak hanya sebatas pada diri anak saja, melainkan berbahaya juga untuk orang sekelilingnya. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan imunisasi ketika anak sudah berada di waktunya.

Imunisasi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Caranya adalah dengan pemberian vaksin tertentu ke dalam tubuh anak, contohnya adalah melalui suntikan.

Sayangnya, kesadaran orang tua yang rendah, kemudian disertai dengan informasi negatif mengenai imunisasi membuat orang tua lebih memilih untuk tidak melakukannya. Akibatnya sangat fatal untuk kesehatan anak.

Perlu Anda ketahui jika para ilmuwan telah bekerja keras dari waktu ke waktu untuk membuat vaksin. Artinya, vaksin terus dikembangkan dengan tujuan mencari vaksin terbaik untuk diberikan pada anak.

Anda hanya perlu percaya, kemudian fikirkan saja kesehatan anak jika tidak diberikan vaksin ketika masih kecil.

Ketika Anda memikirkan kesehatan anak, tentu pemberian vaksin adalah langkah yang bagus. Sebaliknya, keengganan memberikan vaksin akan berdampak buruk untuk kesehatan buah hati.

Alasan Kenapa Anak Tidak Diimunisasi

Bahaya imunisasi untuk anak sebenarnya lebih ringan ketimbang bahaya anak yang tidak mengikuti imunisasi. Pada dasarnya, kondisi tersebut tidaklah dikatakan sebagai bahaya. Namun lebih pada perubahan keadaan dimana tubuh anak mulai bersinggungan dengan benda baru (vaksin kesehatan) untuk pertama kalinya. Contohnya adalah demam setelah imunisasi.

Kondisi inilah yang diyakini oleh pengamat kenapa orang tua lebih memilih untuk tidak mengijinkan anak untuk diimunisasi.

Alasan lainnya adalah anak akan menangis, kemudian muncul diare, atau tidak berselera untuk makan.

Ini merupakan kondisi yang sangat normal dikala anak merasakan sakit akibat suntikan. Tapi ini sifatnya sementara saja.

Setelah itu, anak Anda akan kembali ke kondisi semula. Bahkan memiliki daya tahan lebih tinggi sehingga tidak mudah untuk sakit.

Sementara alasan lain mengapa bayi tidak diimunisasi adalah karena banyaknya rumor yang mengatakan imunisasi memperparah keadaan bayi. Bahkan ada yang mengatakan jika sebagian vaksin dibuat dari hal-hal yang tidak masuk akal, contohnya adalah darah dari napi dan lain-lain.

Rumor ini tidaklah sepenuhnya benar. Artinya, perlu kejelasan informasi dari sumber yang terpercaya untuk membuktikannya. Namun sejauh ini, vaksin untuk anak tetaplah bagus untuk diberikan.

Ancaman Kesehatan Untuk Anak Yang Tidak Diimunisasi

Akan ada sekian banyak permasalahan kesehatan yang kemungkinan besar akan dialami anak. Terutama untuk anak yang tidak diberikan vaksinasi.

Malahan, bahayanya bisa mengancam jiwa anak seperti kasus-kasus yang terjadi beberapa tahun silam. Contohnya adalah kematian anak yang disebabkan oleh polio.

Tentu tidak hanya sebatas itu saja, ancaman kesehatan untuk anak yang tidak imunisasi lainnya adalah campak, TBC, hepatitis, Tetanus, penyakit difteri, batuk rejan, sampai penyakit-penyakit berhaya lainnya.

Inti dari kenapa munculnya penyakit ini lantaran daya tahan anak masih sangat lemah. Kemudian orang tua membiarkannya tanpa melakukan pencegahan sebagaimana tujuan dari imunisasi.

Parahnya, penyakit semacam itu bisa saja menular pada anak lainnya. Oleh karenanya, pemberian imunisasi sangat dianjurkan. Minimal anak mengikuti vaksin imunisasi dasar lengkap yang diadakan oleh dinas kesehatan.

Dan perlu dipahami, jangan sampai terlambat untuk melakukan vaksinasi. Atau jika memang terlambat, langsung saja hubungi dokter/mantri terdekat untuk memberikan vaksinasi yang dilewatkan sebelumnya.

Kesimpulannya, anak sehat tanpa penyakit adalah harapan orang tua. Dan ini diawali dengan meningkatkan kekebalan tubuh melalui imunisasi. Untuk itulah, lakukan imunisasi agar bahaya anak yang tidak imunisasi tidak terjadi.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.