Dampak Terlalu Banyak Begadang

| 11/10/2015 | 0 Comments

Dampak Terlalu Banyak Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Di era modern ini kebanyakan orang pasti tidak tau apa dampak terlalu banyak begadang. Orang dewasa khususnya anak remaja pada saat ini tidak terbiasa untuk tidur lebih awal, remaja sudah tidak asing dengan kata atau bahkan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat ini, dan biasanya mereka menghabiskan waktu sepanjang malam hanya untuk nongkrong atau pun hanya sekedar bersenang-senang di pinggir jalan, cafe, hingga tempat-tempat hiburan lainnya.

Dampak Terlalu Banyak Begadang

Begadang berlebih berdapak buruk bagi kesehatan tubuh

Faktor begadang untuk menghabiskan waktu seharian hanya untuk bekerja, belajar, ataupun untuk hal-hal lainnya yang menyebabkan keterpaksaan untuk tidak tidur waktu awal. Pertanyaannya ialah apakah anda termasuk ke dalam golongan mereka? Jika iya maka sudah saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk satu ini. Kebanyakan orang masih banyak yang tidak mengetahui efek negatif akibat terlalu banyak begadang bagi kesehatan tubuh.

Waspadai Dampak Terlalu Banyak Begadang

 

Efek negatif yang di timbulkan dari dampak terlalu banyak begadang bagi kesehatan tubuh yang sering kita anggap sepele namun akan berakibat fatal.

  • Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh , Akibat dari banyak begadang dapat memicu tubuh dan sistem otak melelah karena adanya dorongan atau paksaan untuk terus bekerja tanpa ada waktu jeda dan istirahat yang cukup. Dan dampak dari kelelahan ini bisa berakibat gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh kita akan menurun. Hal ini akan menyebabkan tubuh kita akan lebih rentan terhadap penyakit maupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri yang menimbulkan  penyakit seperti flu, deman, infeksi paru-paru, usus, hingga hepatitis.
  • Sakit kepala, Begadang dapat menyebabkan rusaknya sel otak sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kepala, seperti pusing ataupun sa kit kepala. Akibat dari banyaknya akitifitas begadang yang kebanyakan lebih kepada kerja . Hal ini dikarenakan jaringan sel-sel otak kurang mendapatkan waktu untuk istirahat.
  • Peningkatan berat badan, Efek dari kurang tidur mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak dalam tubuh sehingga menyebabkan rasa lapar yang meningkat sehingga berdampak bertambahnya berat badan atau obesitas.
  • Insomnia, dari adanya  kebiasaan begadang mempengaruhi jam tidur seseorang dimana ketika ia ingin tidur lebih awal tidak bisa memejamkan mata mereka. Hal ini disebabkan tubuh yang sudah terbiasa untuk tidur lebih lambat.
  • Penyakit jantung dan stroke, dampak terlalu banyak begadang akan menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya yaitu jantung dan stroke. Dimana tidur kurang dari 6 jam menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak yang mengakibatkan resiko tersumbatnya pembuluh darah manusia menjadi meningkat ini merupakan efek negatif akibat terlalu banyak begadang bagi kesehatan tubuh.

Dampak Terlalu Banyak Begadang Dari Diabetes sampai Masuk Angin

  1. Diabetes, Berdasarkan penelitian oleh Orfeu Buxton di Boston’s Brigham dan Women’s Hospital membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam pada malam hari dapat berisiko terjangkit penyakit diabetes tipe-2.
  2. Penyebab kanker, Kurangnya istirahat malam mempengaruhi produksi hormon melatonin yang merupakan hormon sebagai pengatur utama seluruh hormon yang berfungsi mengatur dan memelihara irama sirkadian (sistem jam biologis tubuh yang untuk mengatur kapan untuk bangun dan tidur) dan jika kurangnya produksi hormon ini mengakibatkan timbulnya kanker.
  3. Penyebab alzheimer, kurang tidur menyebabkan meningkatnya plak yang disebabkan oleh adanya penumpukan protein di otak. Sehingga menyebabkan kerusakn sel otak penyebab alzheimer.
  4. Anemia, Kekurangan darah karena hormon dan produksi sel darah merah yang terganggu akibat metabolisme tubuh yang tidak seimbang.
  5. Masuk Angin, dan efek begadang yang terakhir yang mudah sekali terserang akibat begadang yaitu masuk angin dengan gejala timbulnya keringat dingin.

dampak terlalu banyak begadang sangat berbahaya dan sudah waktunya kebiasaan buruk ini di hentikan sehingga tubuh menjadi sehat dan tentunya memperpanjang usia kita.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Kesehatan

Leave a Reply