Diabetes basah dan kering

| 05/04/2015 | 0 Comments

Perbedaan Diabetes Basah dan Kering

apakah diabetes bisa sembuh dan hamilSaat ini penyakit diabetes atau kencing manis menyerang berbagai kalangan, baik kaum muda maupun masyarakat dengan usia lanjut. Penyakit ini disebabkan karena ada penurunan fungsi dari organ pankreas yang terdapat di dalam tubuh manusia. Penyakit diabetes dibagi menjadi 2, yaitu tipe I dan juga tipe II. Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa ada diabetes basah dan kering. Lalu apa perbedaanya?

Untuk diabetes kering, seringkali disebut ketika penyakit diabetes sudah memasuki tipe II. Tipe ini terjadi karena insulin di dalam tubuh penderita sudah menjadi kebal dengan gula darah. Atau bisa dikatakan bahwa insulin di dalam tubuh penderita telah mengalami kerusakan.

Akibat dari insulin yang rusak tersebut, maka gula yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa diolah menjadi glikogen. Dengan begitu, gula darah akan meningkat lebih banyak dari ukuran normal.

Diabetes basah akibat kadar Gula yang tinggi

Untuk kadar gula darah yang dikatakan normal adalan 150 miligram/dl, namun penderita diabetes basah dan kering memiliki kadar gula darah di atas angka normal tersebut.

Diabetes basah sendiri merupakan penyakit diabetes II yang sudah memasuki tingkat lanjutan. Seringkali penyakit ini menyerang masyarakat dengan usia lanjut. Penyebab yang menimbulkan penyakit ini adalah kadar gula darah yang sangat tinggi, lebih tinggi dari penderita penyakit diabetes kering.

Gejala-gejala Diabetes Basah dan kering

Umumnya, gejala yang timbul antar kedua penyakit tersebut adalah sama. Yang membedakan dari kedua jenis penyakit diabetes tersebut adalah keadaan fisik dari penderita. Tanda-tanda yang hampir sama antara kedua penyakit diabetes tersebut adalah :

  • meningkatnya rasa lapar
  • nafas berbau tidak sedap
  • Hipertensi
  • Sakit kepala dengan intensitas sering
  • Dehidrasi, sering buang air kecil
  • Penglihatan terasa kabur
  • Selalu merasa ingin bauang air kecil
  • Rasa haus yang berlebihan

Walaupun tanda-tanda atau gejala yang timbul antara penyakit diabetes basah dan kering hampir sama tetapi untuk diabetes basah ditambah dengan luka yang sulit kering atau disembuhkan.

Apabila luka tersebut sulit untuk disembuhkan, maka akan terjadi penumpukan bakteri di area luka dan menyebabkan infeksi. Tidak heran apabila banyak penderita penyakit diabetes yang harus kehilangan anggota tubuhnya karena diamputasi.

Jika anda merasakan salah satu gejala diatas sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Diabetes Mellitus

Leave a Reply