Bahaya Makan Nasi Tengah Malam langsung tidur

| 19/07/2017

Bahaya Makan Nasi Tengah Malam Yang Jarang Diketahui

Bahaya Makan Nasi Tengah Malam langsung tidur

Bahaya Makan Nasi Tengah Malam

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata bahaya makan nasi tengah malam ini memang benar adanya. Meskipun sebenanrnya tidak ada yang salah dengan makan nasi pada malam hari. Ternyata kebiasaan makan nasi pada tengah malam memiliki efek negatif, terutama untuk kesehatan.

Untuk itulah jika sebelumnya Anda sering melakuan hal yang satu ini, mulai saat ini hentikan kebiasaan buruk Anda ini sebelum terlambat. Jika tidak segera Anda hentikan, bukan tidak mungkin Anda menjadi orang selanjutnya yang akan mendapatkan efek buruk dari makan nasi tengah malam.

Memangnya sebesar apa bahaya dari makan nasi tengah malam ini? Apa yang menyebabkan makan nasi tengah malam menjadi berbahaya? Untuk lebih jelasnya pahami ulasan bahaya dari makan nasi tengah malam berikut ini.

5 Bahaya Makan Nasi Pada Tengah Malam

Banyak yang tidak sadar ternyata ada bahaya makan nasi saat tengah malam. Apalagi ternyata makan nasi pada waktu tengah malam ini bisa berakibat sangat buruk terhadap kesehatan Anda. Memangnya apa saja bahayanya? Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasannya.

  1. Berdampak Pada Kualitas Tidur

Bahaya makan nasi saat tengah malam yang pertama adalah bisa berdampak pada kualitas tidur Anda. Hal ini lantaran makan nasi saat tengah malam bisa membuat Anda sulit tidur dan bisa menyebabkan pusing ringan disiang harinya.

Sebagai gantinya, jika memang Anda benar-benar lapar saat tangah malam bisa memilih makanan seperti oatmela dengan susu yang memiliki kadar lemak rendah. Namun usahakan untuk tidak mengkonsumsinya dalam porsi yang besar serta pedas.

  1. Berat Badan

Meskipun tidak memiliki pengaruh langsung, sebenarnya terlalu sering makan nasi saat tengah malam bisa menjadi pemicu berat badan bertambah secara cepat. Kenapa demikian, umumnya setelah makan nanti Anda akan tidur kembali. Pada saat tidur, kerja lambung cenderung lebih lamban, sehingga makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi ini memiliki potensi yang lebih besar membuat berat badan bertambah.

  1. Heratburn dan Acid Reflux

Acid Reflux ini merupakan kondisi dimana asam lambung menjadi naik kembali ke krongkongan setelah selesai makan. Kondisi seperti ini umumnya juga diserta dengan rasa mulas dan juga nyeru terbakar (heartburn) di bagian tengah dada.

  1. Nighttime Eating Syndrome

Terbiasa makan nasi saat tengah malam ini bisa jadi adalah gejala depresi yang berkaitan erat dengan kondisi yang disebut dengan Nighttime Eating Syndrome (NRS) atau sindrom makan malam hari.

Orang yang menderita NES ini umumnya kebetuhan kalorinya setelah jam 6 sore. Orang dengan NES ini kebanyakan mengalami depresi serta makan larut malam disebabkan ketidakseimbangan hormon yang ada pada tubuhnya.

Makan saat tengah malam seperti ini umumnya melibatkan gula serta karbohidrat yang dikenal sebagai makanan pemicu rasa nyaman sehingga bisa mengobati dirinya sendiri. Jika Anda memiliki kebiasaan makan nasi tengah malam maka patut untuk diwaspadai.

  1. Efek Lainnya

Efek lain dari bahaya makan nasi larut malam adalah bisa meningkatkan peluang pengembangan penyakit diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan gula dan insulin mengalami kesulitan untuk berinteraksi satu sama lain sebab periode lapar pada tubuh sebenanrnya sudah lewat.

Melihat dampak yang begitu besar ketika membiasakan makan nasi tengah malam, maka sebaiknya hindari makan nasi saat tengah malam. Apalagi bahaya makan nasi tengah malam ini tidak bisa dianggap sepele.

 

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.