Efek Samping Minum Jus Wortel Tiap Hari

| 19/07/2017

Efek Samping Minum Jus Wortel Tiap Hari Yang Harus Anda Waspadai

Efek Samping Minum Jus Wortel Tiap Hari

Jus Wortel

Disamping memiliki manfaat yang sangat besar ternyata ada efek samping minum jus wartel tiap hari. Terlebih lagi bagi kesehatan Anda. Memang tidak bisa dipungkiri jika sayur-sayuran seperti halnya wortel ini memiliki setuta manfaat bagi tubuh. Akan tetapi dibalik besarnya manfaat tersebut ada efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Wortel yang kaya sekali akan kandungan karotenoid yang bisa menjadi antioksidan yang diyakini memiliki kemampuan sebagai pencegah kanker payudara serta dapat menjaga kesehatan paru-paru ini ternyata memiliki dampak mengerikan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun ketika Anda mengkonsumsi wortel secara teratur diyakini bisa memberikan efek yang positif terhadap kesehatan mata. Namun beda cerita jika wortel ini dikonsumsi secara berlebihan.

Jika wortel ini Anda konsumsi secara berlebihan ternyata bisa menimbulkan efek samping. Misalnya saja Anda mengkonsumsi jus wortel setiap hari. Memangnya apa efek samping mium jus wortel setiap hari?

4 Efek Samping Minum Jus Wortel Secara Berlebihan

Efek samping dari minum jus wortel setiap hari ini tidak bisa Anda sepelekan. Sebab bisa berefek sangat buruk terutama terhadap kesehatan. Ada beberapa penyakit yang ditumbulkan lantaran Anda terlalu sering mengkonsumsi wortel ini. Berikut ini merupakan efek samping jika minum jus wortel tipa hari:

  1. Penyebab Carotenemia

Carotenemia ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan lantaran adanya terlalu banyaknya betakaroten yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan beberapa bagian dari tubuh mengalami perubahan warna.

Dan wortel ini adalah salah satu jenis tanaman yang di dalamnya terkadung betakaroten yang sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan warna orange alami dari wortel itu sendiri. Jadi ketika Anda mengkonsumsi wortel ini secara berlebihan akan berdampak beberapa bagian tubuh berubah menjadi warna oange.

Perubahan warna tubuh lantaran keseringan mengkonsumsi wortel ini yang paling sering terjadi pada bagian telapak tangan dan juga hidung. Bahkan yang paling buruk sampai fases yang dikeluarkan bisa berwarna orange juga.

  1. Gangguan Pada Usus

Saat mengkonsumsi wortel, Anda akan memperoleh serat sebanyak 4 sampai dengan 5 gram. Namun jika terlalu banyak serat juga tidak baik bagi kesehatan. Terlalu banyak mengkonsumsi serat ini bisa mengganggu kelancaran dari usus.

Tidak hanya itu saja, kelebihan serat ini ternyata juga bisa menjadi pemicu dari penyakit sembelit. Terlebih lagi jika tidak segera meminum cairan yang bisa membantu serat bergerak di dalam sistem pencernaan.

  1. Bahaya Bagi Perokok Berat

Efek samping dari mimun jus wortel setiap hari juga bisa dirasakan oleh para perokok berat. Kenapa memangnya? Para perokok berat disarankan untuk menghindari sayuran yang satu ini lantaran wortel ini ternyata dapat memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh para perokok. Apalagi bagi perokok berat.

  1. Diare

Tidak dipungkiri lagi jika wortel ini kaya sekali akan serat di dalamnya. Namun ketika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak secara otomatis tubuh akan kelebihan serat.

Lantas apa yang terjadi ketika tubuh kelebihan serat? Bukan tidak mungkin jika tubuh mengalami kelebihan serat bisa berdampak diare atau buang air secara berlebihan. Kandungan serat dari wortel ini memang bisa memperlancar pencernaan, namun jika berlebihan maka pencernaan menjadi selancar-lancarnya. Dan kondisi ini menjadi tidak baik.

Maka dari itu sebaiknya konsumsi wortel sewajarnya saja. Jika terlalu berlebihan ternyata bisa memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh. Contohnya saja efek samping minum jus wortel tiap hari yang sudah diulas dengan sangat jelas di atas tadi.

 

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Kesehatan

Comments are closed.