Faktor Penyebab Keputihan Pada Wanita

| 17/05/2015 | 0 Comments

Pemahaman mengenai Penyebab Keputihan, terlebih dahulu diawali dengan pengertian mengenai sekresi Vagina atau yang umum diketahui masyarakat sebagai Keputihan merupakan keluarnya cairan dalam bentuk lendir dan bukan berupa darah yang berlebihan dari kelamin perempuan serta tergolong dalam salah satu penyakit kandungan.

Cairan keputihan pada wanita

Cairan keputihan pada wanita

Penyebab Keputihan Pada Wanita dan cara Penanggulangannya

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:

  1. Ketika menjelang atau sesudah menstruasi (fisiologis) atau adanya infeksi pada bagian dalam vagina atau bibir bagian luar vagina karena virus, bakteri, maupun parasit (patologis). Hal ini dapat menimbulkan peradangan pada saluran kencing serta menimbulkan rasa perih ketika buang air kecil. Penyebab Keputihan membuat resah bagi kaum wanita.
  2. Obat pengharum organ kewanitaan justru dapat memperparah kondisi keputihan jika tidak cocok dengan kadar asam atau PH dala vagina
  3. Terjadi infeksi pada organ-organ reproduksi seperti infeksi pada selaput rahim , mulut rahim , saluran telur , dll.
  4. Masuknya benda asing ke dalam vagina yang tidak steril seperti kondom , benang spiral yang tertinggal , tisu pembersih

Cairan keputihan yang terasa gatal dapat mengganggu serta menimbulkan rasa tidak nyaman pada daerah kewanitaan. Keputihan memiliki dampak yang negatif bagi perempuan, yakni mengeluarkan cairan yang berlebihan seperti lendir yang dapat berubah warna dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Apabila ini terjadi, maka perlu adanya penangangan secara lanjut dalam mengobatinya.

Cairan keputihan yang berwarna kemerahan merupakan tenda keputihan yang cukup serius dan segera mungkin mendapakatkan penanganan. Cairan keputihan tersebut bisa saja berasal dari penyakit kanker pada mulut rahim.

Ada beberapa dampak lainnya yang perlu diketahui, yakni dapat menimbulkan rasa gatal yang berlebihan, adanya sedikit pembengkakan, dan cairan yang keluar dapat berbentuk kental. Kejadian ini membuat Penyebab Keputihan Pada Wanita sangat penting untuk diketahui, karena pengaruhnya yang sangat tidak baik bagi kesehatan.

Cara mengatasi keputihan

Dalam penanggulangan keputihan, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan maupun pengobatan.

  • Ketika hendak bepergian bertamasya, hindari mandi atau berendam pada kolam umum yang tidak diketahui kebersihan air nya.
  • Menjaga daerah genital agar tetap bersih dan higienis tidak perlu menggunakan pembersih organ kewanitaan cukup menggunakan sabun mandi biasa, karena dalam penggunaan pembersih tersebut dikhawatirkan dapat membunuh bakteri baik yang terdapat di daerah sekitar Vagina.
  • Ada beberapa penanganan seperti menjaga pola makanan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta menghindari makanan yang berkadar gula tinggi, tidak mengkonsumsi minuman bersoda, tidak makan makanan yang terlalu manis.

Cara mengatasi keputihan pada wanita harus di tanggapi dengan serius , dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter dan pemeriksaan laboratorium. Jika di temukan penyakit lain yang menjadi penyebab terjadinya keputihan misalnya kencing manis  maka penyakit-penyakit tersebut harus diatasi terlebih dahulu. Jika keputihan tidak terlalu parah biasanya dokter hanya memberi obat antiseptik yang di anjurkan dokter, dan jangan membeli obat pembersih vagina sendiri tanpa konsultasi dengan dokter ahli.

Keputihan juga bisa di sembuhkan dengan melakukan cara detoks tubuh untuk membersihkan racun yang mengendap dalam organ tubuh. Para wanita hendaknya selalu menggali informasi mengenai Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya, sebab faktor dan penanganan pada setiap orang dapat berbeda-beda. Mengatur pola hidup sehat dan kurangi stress menjadi salah satu kunci utama. Bagaimana? Cukup jelas bukan informasi mengenai Penyebab Keputihan dan cara mengatasinya.

Tags: ,

Category: Kecantikan

Leave a Reply