Penyebab Haid berlebihan dan lama lebih 7 hari

| 08/04/2015 | 2 Comments

Atasi Haid Berlebihan dan  Lama Secara alami

cara menngatasi haid berlebihan dan lama berhentiHaid berlebihan dan lama atau biasa disebut menorrhagia bisa terjadi karena adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Haid pada perempuan normal total volumenya darahnya sekitar 20-80 cc. Biasanya berlangsung selama 2-7 hari. Namun yang terjadi pada penderita menorrhagia berbeda. Perempuan yang menderita kelainan ini biasanya mengalami haid selama lebih dari 7 hari dan pendarahan yang banyak.

Bahkan beberapa perempuan mengeluhkan harus berganti pembalut atau tandon setiap 2 jam sekali karena volume darah yang keluar terlalu banyak. Penderita juga sering merasa tubuhnya letih, nyeri, dan memiliki napas yang pendek-pendek. Hal ini tentu sangat menganggu penderita. Apalagi jika aktivitas sehari-hari sangat padat.

Penyebab Haid berlebihan

Sebenarnya apa penyebab haid berlebihan dan lama? Ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Pada kondisi normal, haid terjadi karena kadar hormon estrogen dan progesteron sesuai dengan dinding uterus. Jadi volume darah yang keluar akan seimbang. Sedangkan menorrhagia biasanya dinding uterus jadi menebal sehingga menghasilkan volume darah yang berlebihan.

Selain itu, kegemukan, faktor kejiwaan, pemakaian obat tertentu, kanker mulut rahim, dan kista atau infeksi vagina juga bisa menjadi penyebab mengapa hadi bisa keluar dengan jumlah yang banyak dan lama. Biasanya pengobatan yang dilakukan bisa dengan memberikan zat besi untuk penambah darah dan mengurangi nyeri kram. Selain pengobatan tersebut,

Pengobatan Dengan herbal Alami

Anda bisa memilih obat herbal untuk menyembuhkan nyeri haid, volume haid berlebihan, dan lama. Salah satu herbal yang bisa dimanfaatkan adalah gambir. Gambir memiliki kandungan senyawa seperti polifenol, zat samak, merah katekin, malam, lemak, dan kuersetin.

Lalu bagaimana cara meramunya?

  1. Siapkan gambir, kunyit, dan daun sirih
  2. Tumbuk halus bahan-bahan tersebut
  3. tambahkan sedikit air setelah halus
  4. Kemudian, peras menggunakan kain.
  5. Minum ramuan tersebut.

selain menggunakan gambir, akar alang-alang dan ginjean kering juga berkhasiat untuk menyembuhkan haid yang volumenya berlebihan dan lama.

  • Caranya, rebus kedua herbal tersebut dengan air
  • Tunggu hingga mendidih
  • Kemudian minum ramuan tersebut dua kali sehari sampai haid sembuh.

Efek haid terlalu lama Bagi tubuh

Cukupi juga pemenuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup, rutinlah berolahraga agar metabolisme tubuh tetap baik dan terjaga. Penyebab haid yang lama faktor utama nya adalah pengaruh hormon estrogen, biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Jika hal ini terjadi secara berkepanjangan bisa mengakibatkan masalah lain seperti berat badan menurun secara drastis, anemia, serta berkurangnya nafsu makan. Untuk kondisi seperti ini konsultasi ke dokter merupakan solusi terbaik. Lakukan pengobatan ini secara teratur jika haid berlebihan dan lama muncul kembali.

Tags: , , ,

Category: menstruasi

Leave a Reply