Hukum membersihkan Telinga saat Puasa Ramadhan

| 21/11/2014 | 1 Comment

Hukum membersihkan Telinga saat Puasa Ramadhan Haram atu Mubah?

Jika Anda penasaran dengan hukum membersihkan telinga saat puasa Ramadhan , inilah ulasan lengkapnya. Batalkah puasa ramadhan Anda ketika membersihkan atau mengorek telinga ketika sedang menjalankan ibadah puasa? Ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa yang dapat Anda ketahui di ulasan kali ini. Namun, tidak hanya itu saja, karena Anda juga akan mendapatkan informasi hukum berpuasa disertai dengan dalilnya.

Hal yang Membatalkan Puasa

Seperti yang difirmankan Allah SWT, ada beberapa perkara yang dapat membatalkan puasa. Hal pertama yang dapat membatalkan puasa ialah bersetubuh. Jika Anda melakukan hubungan intim dengan pasangan ketika berpuasa, maka batalah puasa Anda seketika itu juga. Selain itu, hal lain yang dapat membatalkan puasa ialah makan dan minum dengan sengaja diwaktu siang hari atau ketika puasa berlangsung.

Lalu bagaimana hukumnya jika Anda membersihkan telinga dalam berpuasa? Mungkin Anda bingung dengan berbagai hal lain yang dapat menyebabkan puasa batal. Untuk kasus ini, memasukkan alat pembersih telinga ataupun jari kelubang telinga untuk mengambil kotoran ada yang mengansumsikan bahwa kegiatan tersebut dapat membatalkan puasa karena sama halnya dengan memasukkan benda asing ke dalam lubang tubuh sama halnya jika Anda sedang bersetubuh. Namun, bagaimana hukum membersihkan telinga ketika puasa ramadhan yang paling benar? Oleh sebab itu, untuk mencari kebenarannya simak ulasan ini hingga akhir.

Benarkah hukum Membersihkan Telinga saat Puasa Ramadhan Membatalkan Puasa?

Mungkin pernah pertain apakah membersihkan telinga ketika puasa ramadhan dapat membatalkan puasa. Jika dilihat dari perkara yang dapat membatalkan puasa diatas, perkara memasukkan alat pembersih telinga atau cotton pad tidak termasuk ke dalam perkara yang membatalkan puasa. Islam merupakan agama yang senang akan kebersihan. Jika Anda menggunakan cotton pad untuk membersihkan kotoran di telinga dengan memasukkannya dan mengoreknya, maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa ramadhan Anda. Ada juga hal yang tidak akan membatalkan puasa Anda jika membersihkan telinga dengan cairan pembersih telinga.

Walaupun air pembersih telinga tersebut dapat menyerap kebagian kulit gendang telinga, aktivitas ini tidak akan membatalkan puasa ramadhan Anda karena bertujuan untuk menjaga kebersihan telinga. Jadi, apa hukum membersihkan telinga saat puasa ramadhan yang diutarakan oleh ahli agama?

Dari sebuah ahli agama berfatwa Syaikh Attiyah Sqr, puasa tidak akan batal jika Anda meletakka jari kedalam telinga karena untuk membersihkan kotoran telinga. Ia menjelaskan bahwa membersihkan telinga dengan menggunakan cairan pembersih telinga juga tidak akan membatalkan puasa.

Ulasan hukum membersihkan telinga ketika puasa ramadhan ini tidak berpengaruh kedalam tubuh karena telinga bukanlah organ tubuh yang dapat menerima makanan maupun bagian tubuh yang dapat menyuburkan badan. Banyak ulama’ mutakhir yang menjelaskan bahwa jika ia memasukkan benda ke rongga badan dan benda tersebut tidak sampai kebagian perut, maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa Anda.

Jadi, banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan dengan tubuh Anda yang bertujuan untuk menjaga kebersihan namun tidak dilandasi untuk mengenyangkan perut. Puasa ramadhan berarti menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari selama bulan ramadhan. Contoh aktivitas yang tidak membatalkan puasa untuk menjaga kebersihan telinga ini misalnya, sangat baik untuk menjaga kesehatan telinga.

Selain itu, memasukkan kamera untuk mengetahui kesehatan jantung juga tidak akan membatalkan puasa demi menjaga kesehatan Anda. Nah, inilah hukum membersihkan telinga saat puasa ramadhan yang benar di hukum Islam.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: ,

Category: Kesehatan

Leave a Reply