Ikan bilis Kolesterol tinggi

| 23/11/2014 | 0 Comments

Efek Ikan Bilis Kolesterol Tinggi Bagi Tubuh

Ikan bilis kolesterol tinggi jarang sekali diketahui oleh para pencinta ikan laut yang dikonsumsi untuk lauk nasi. Ikan bilis belum terlalu dikenal oleh orang-orang kebanyakan. Namun jika kita menyebutkan ikan teri maka semua orang pasti mengenal ikan teri. Ikan bilis atau ikan teri adalah ikan yang sangat banyak dijumpai di seluruh perairan di Indonesia.

Karena itu ikan bilis sangat dikenal oleh banyak orang di seluruh penjuru Indonesia. Ikan bilis ini memiliki ukuran yang sangat kecil antara 7-40 sentimeter, hidup diperairan laut Indonesia secara bergerombol dan sangat menyukai plankton sebagai makanannya. Karena ikan bilis ini sangat banyak dijumpai, membuat ikan bilis menjadi ikan konsumsi yang sangat tinggi di Indonesia. Ikan ini sebagian besar diolah sebagai lauk pauk untuk makan yang sangat disukai tidak hanya oleh anak-anak namun juga kalangan dewasa.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam ikan bilis membuat ikan ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun jika dikonsumsi kebanyakan kolesterol pada ikan bilis  akan diidap oleh para pecinta ikan ini. Ikan bilis atau teri merupakan sumber protein yang sangat kaya. Selain itu ikan bilis juga mengandung kadar kalsium yang sangat tinggi.

Karena itu menggunakan ikan bilis sebagai pengganti telur, daging dan susu adalah pilihan yang baik. Namun menurut para ahli perikanan, ikan teri tidak memiliki kandungan fruktosa sehingga saat mengkonsumsi teri, tubuh mengalami kesulitan untuk mencernanya. Namun karena konsumsi ikan bilis dilakukan dengan memakan semua tubuh ikan bilis beserta tulang-tulangnya, maka tambahan fosfor akan sekaligus masuk ke tubuh kita. Fosfor sangat bagus digunakan untuk kesehatan tulang dan gigi kita. Selain itu karena banyak mengandung fosfor, ikan teri sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu ikan bilis juga mengandung kalsium dan fluor yang bersatu dalam ikatan senyawa CaF2 dimana fungsi senyawa ini sangat baik untuk penderita ostheoporosis. Namun banyaknya kandungan nutrisi dalam ikan bilis, akan memberikan efek  kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan oleh tubuh, akan dapat menyebabkan kolesterol tinggi yang sangat berbahaya bagi orang usia lanjut dan juga penderita kolesterol lainnya.

Ikan bilis kolesterol tinggi Banyak di Gemari

Harga ikan bilis yang cukup murah, membuat ikan ini sangat disukai oleh para pecinta ikan laut. Dengan uang yang dikeluarkan cukup kecil, kita bisa mendapatkan cukup banyak ikan bilis. Dan dengan sekali olahan ikan bilis, kita bisa menggunakannya untuk lauk nasi selama beberapa hari. Kandungan nurtris yang cukup tinggi membuat konsumsi ikan bilis cukup dilakukan sejumlah 5 gram teri dalam 100 gram  makanan yang kita kosumsi. Cukup dua kali kita mengkonsumsi ikan bilis dalam sehari sehingga ikan bilis dengan kolesterol tinggi tidak terjadi saat kita konsumsi.

Diindikasi bahwa jika dikonsumsi berlebihan, ikan bilis dapat membawa dampak tidak baik untuk tubuh. Hal ini mungkin terkait dengan kandungan garam yang digunakan untuk mengawetkan ikan bilis. Biasanya jika kita sangat suka menjadikan ikan bilis sebagai lauk nasi atau dimasak sebagai ikan teri balado, maka rasa untuk selalu menggunakan ikan bilis sebagai lauk nasi seperti tidak terbendung. Namun kita harus tahu pengaruh ikan bilis kolesterol tinggi ini jika dikonsumsi berlebihan oleh tubuh. Konsumsi berlebihan akan membuat kadar kolesterol tubuh meningkat.

Dan jika kondisi ini tidak segera disadari oleh para pecinta ikan bilis, bisa jadi kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi akan menyebabkan stroke atau pecahnya pembuluh darah di kepala. Karena itu kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi ikan bilis mengingat pengaruh ikan bilis kolesterol tinggi.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Kuliner

Leave a Reply