Jenis diet vegetarian yang Benar dan sehat

| 16/12/2014 | 1 Comment

Diet Sehat Ala Vegetarian Kenali Jenisnya!

Jenis diet vegetarian yang benar dan sehat akan berpengaruh positif bagi bentuk badan dan daya tahan fisik optimal. Kebanyakan orang menyederhanakan metode ini dengan hanya menyantap buah-buahan dan sayuran.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi masih banyak hal yang perlu dikoreksi. Hanya dengan mengonsumsi sayuran dan buah belum tentu menjamin hasil yang optimal. Sebab Anda butuh kombinasi dari beberapa menu dengan pola kegiatan fisik yang menunjang tujuan penurunan berat badan.

Jika diet biasa masih menggunakan daging sebagai bahan makanan. Maka diet vegetarian akan betul-betul mengandalkan sayuran dan buahan untuk disajikan sebagai menu keseharian. Prioritas utamanya adalah penurunan berat badan, tapi disertai dengan kualitas kesehatan.

Itulah tingkat kesulitan yang bakal dihadapi saat seseorang memutuskan untuk menjalani diet vegetarian. Supaya lebih lancar dalam menjalankan diet, sebaiknya Anda mengatur jadwal yang tepat supaya tidak mengalami kesusahan saat beraktivitas. Sebab dampaknya bisa dialami pada penurunan kekuatan akibat tidak adanya asupan lemak yang cukup. Sehingga beberapa poin yang harus diperhatikan adalah jadwal dan menu makanan.

Jadwal dan Menu Diet yang tepat

Menu Pagi:

Jenis diet vegetarian yang benar dan sehat berawal dari jadwal yang tepat. Di pagi hari,awali dengan sarapan nasi merah. Anda bisa menambahkan lauk seperti tahu dan tempe sebagai sumber protein. Minumannya bisa berupa jus buah segar.

Menu siang :

Sedangkan makan siang disarankan menggunakan nasi putih dengan sayuran yang bisa diolah menjadi tumis atau sop. Usahakan menyediakan makanan mengandung serat dan sumber mineral cukup. Anda bisa menyediakan makanan yang lebih variatif seperti kue bebas lemak atau minuman segar lainnya. Tapi jangan lupakan air putih.

Camilan Sore:

Di sore hari, Anda bisa menyajikan aneka kudapan seperti roti atau buah-buahan. Misalnya pisang yang akan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Menu malam:

Sedangkan menu di malam hari bisa lebih sedikit porsinya. Anda bisa mengganti nasi putih dengan buah atau roti. Minumlah air secukupnya untuk membantu proses metabolisme selama beristirahat.

Jenis jenis diet Vegetarian Yang benar Dan Sehat

Diet vegetarian tidak selalu identik dengan hanya menkonsumsi sayuran dan buah, karena sebagian vegetarian masih mengkonsumsi beberapa produk dari hewan atau pun makanan olahan dari hewan. Berikut adalah jenis-jenis diet vegetarian yang sebaiknya anda kenali:

  1. Jenis Vegan. Orang yang melakukan diet vegetarian jenis vegan mereka hanya mengkonsumsi buah dan sayuran saja. Mereka anti terhadap makanan olahan yang berasal dari unsur hewan bahkan madu sekalipun
  2. Vegetarian Lacto. Kelompok vegetarian ini masih mengkonsumsi susu olahan dari hewan selain sayuran dan buah. Bisa dikatakan mereka ini tidak terlalu ketat pola makannya jika dibandingkan dengan jenis vegan.
  3. Jenis Vegetarian Lacto-Ovo. Kelompok vegetarian ini mengkonsumsi sayuran, buah, susu dari hewan dan juga telur. Mereka juga masih mengkonsumsi produk plahan susu seperti yoghurt, keju dan mentega.
  4. Vegetarian jenis Vesco. Untuk jenis vegetarian ini mereka juga mengkonsumsi ikan selain sayuran dan buah tetapi mereka tidak mau makan daging jenis apapun seperti ayam, sapi , kerbau dll.

Nah sekarang pengetahuan anda tentang jenis jenis diet vegetarian yang benar dan sehat bertambah, hal ini penting jika anda hendak memutuskan menjadi vegetarian.

Banyak orang memilih dan memutuskan menjadi vegetarian, karena sangat baik untuk kesehatan dan diajurkan para ahli nutrisi. Mereka yang vegetarian mempunyai resiko yang kecil terhadap penyakit tertentu hal ini karena mereka selektif sekali dalam memilih asupan makanan bagi tubuh.

Nah, itulah pola yang bisa Anda jalankan untuk menentukan  jenis diet vegetarian yang tepat.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , ,

Category: Vegetarian

Leave a Reply