Kenapa wanita Gemuk setelah Melahirkan

| 16/11/2014 | 0 Comments

Metabolisme tubuh Berubah Kenapa Wanita Gemuk Setelah Melahirkan?

Banyak yang Mengeluh kenapa wanita gemuk setelah melahirkan dan sulit mendapatkan kembali berat badan ideal mereka. Hamil dan melahirkan merupakan impian bagi setiap  wanita, banyak pepatah mengatakan bahwa wanita yang sempurna adalah wanita yang sudah merasakan hamil dan melahirkan. Saat wanita hamil dia akan membawa serta bayinya dan tidak jarang saat wanita hamil dia akan lebih suka makan dan mudah lapar setiap saat.

Maka tidak mengherankan kalau wanita yang hamil berat badannya bisa bertambah bahkan bisa dua kali lipat dari berat badan sebelumnya. Jika berat badan sudah terlampaui batas apalagi jika bayi yang ada di dalam kandungan berat badannya sudah berlebih makan dokter atau bidan akan memperingatkan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Kurangi Karbohidrat dan Gula

Tidak hanya karbohidrat saja yang harus dikurangi oleh ibu hamil namun juga kandungan glukosa di dalam tubuh seperti makan dan minuman manis akan mempercepat kenaikan berat badan, yang menjadi masalah adalah kenapa wanita gemuk setelah melahirkan, padahal wanita itu sudah tidak hamil lagi tapi kenapa badan wanita yang habis melahirkan tetap terlihat gemuk. Suplemen ibu hamil bisa menjadi solusi untk mengatasi berat badan yang berlebih.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa wanita gemuk paska melahirkan, dan kegemukan itu adalah hal yang paling ditakuti oleh wanita. Banyak wanita yang takut badannya akan lebih gemuk jika dibandingkan saat mereka tidak hamil atau bahkan mereka takut ketika badannya kendor efek setelah melahirkan.

Faktor-faktor Penyebab Kenapa wanita Gemuk setelah melahirkan

Hormonal

Hal pertama yang menyebabkan kenapa wanita gemuk dan sulit turun berat badan setelah melahirkan adalah faktor hormonal. Saat hamil dan melahirkan hormon wanita cenderung naik, hal inilah yang akan menyebabkan nafsu makan dan ngemil bagi wanita semakin menjadi. Tidak hanya saat hamil saja, wanita juga akan mudah lapar setelah melahirkan. Hal ini karena hormon pada wanita yang melahirkan meningkat.

Efek menyusui

Efek pemberian ASI juga lah yang menyebabkan wanita yang habis melahirkan akan cepat mudah lapar. Semakin sering memberikan asi maka wanita itu akan semakin mudah cepat lapar, namun bukan karena hal ini Anda tidak mau memberikan asi ekslusif kepada anak Anda. Asi sangat bagus untuk membentuk sistem imun bagi anak Anda. Jika anak Anda tidak Anda berikan asi maka anak Anda akan mudah terkena penyakit.

Kurang tidur 

Faktor kedua yang menyebabkan wanita menjadi gemuk setelah melahirkan adalah kurang tidur. Banyak yang mengatakan dengan kurang tidur tubuh atau badan akan menjadi langsing, anggapan tersebut adalah salah besar karena dengan kurang tidur tubuh tidak bisa membakar lemak di dalam tubuh. Setelah melahirkan seorang ibu akan selalu terjaga di setiap malamnya misalnya saja saat mendengar anak menangis maka si ibu harus segera bangun dan menenangkan anaknya. Anak akan selalu menangis hampir tiap malam atau bahkan setiap hari, itulah yang membuat  ibu kurang tidur.

Kurang berolahraga

Wanita yang memiliki bayi akan memiliki waktu yang kurang untuk berolahraga, itu juga yang menjadi alasan kenapa wanita gemuk setelah melahirkan.  Memang kebanyakan wanita yang sudah memiliki anak dan menjadi ibu-ibu akan menghabiskan banyak waktunya untuk menjaga anaknya dibandingkan berolahraga. Sebab setiap waktu bayi Anda akan membutuhkan perhatian. Terlebih lagi bagi bayi Anda yang baru belajar berjalan merangkak akan membutuhkan pengawasan yang lebih.

Makan makanan Berkalori tinggi

Selain tidak bisa berolahraga ibu juga akan  cenderung lelah dalam melakukan pengawasan kepada bayinya, oleh sebab itu ibu akan cepat lapar dan sering makan dibandingkan dengan wanita yang belum memiliki anak. Ibu yang habis melahirkan juga akan memilih dan menyukai makanan yang memiliki kelebihan kalori.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Tips Diet Sehat

Leave a Reply