Kesehatan Ibu Hamil Trimester Pertama

| 17/07/2015 | 0 Comments

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Trimester Pertama

Hal ini karena apapun yang dilakukan ibu akan mempengaruhi kesehatan bayi yang ada dalam kandungan. Trimester pertama adalah masa awal yang sangat membahagiakan dan mendebarkan bagi ibu yang sedang hamil. Kesehatan ibu hamil trimester pertama merupakan hal yang penting untuk di ketahui dan diperhatikan bagi anda yang sedang hamil pada masa trimester pertama.

kesehatan ibu hamil trimester pertama

Pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil trimester pertama

Oleh karenaya pentingnya menjaga kesehatan kehamilan trimester pertama dengan beberapa tips berikut, yaitu:

Kecukupan Nutrisi

Perhatikan asupan nutrisi. Kecukupan nutrisi akan sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin, pastikan ibu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, sekalipun pada masa ini, ibu tidak suka mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, diakibatkan karena seringnya mual-mual. Hindari pula beberapa makanan dan minuman seperti kafein, keju putih, nanas dsb. Pada masa ini, usia kandungan masih sangat rentan. Oleh sebab itu, perlunya memperhatikan asupan nutrisi yang baik.

Penyeseuaian Jadwal kerja Bagi wanita karir

Tips menjaga Kesehatan ibu hamil trimester pertama yang kedua adalah pola kerja terjadwal baik. Untuk ibu yang bekerja atau wanita karir perlunya penyesuaian terhadap pola kerja dan aktivitas sehari-hari dengan kandungan janin pada trimester ini, mengingat perubahan psikologis dan fisik ibu. Pada trimester ini sebaiknya mengatur jadwal kerja dengan waktu istirahat. Ibu hamil yang bekerja terlalu berat dan sering kelelahan akan mudah mengalami keguguran.

Mengelola emosi

Biasanya ibu pada fase ini akan sering mengalami emosi yang naik turun. Hal ini wajar, karena adanya pengaruh hormon tidak seimbang pada masa kehamilan. Sang ibu yang dapat mengontrol emosinya dengan baik, akan membuat janin tumbuh normal, sebaliknya ibu yang stres karena tekanan emosi akan mempengaruhi perkembangan bayi trimester pertama, hingga dapat mengakibatkan keguguran.

Rajin konsultasi ke dokter untuk Perkembangan bayi trimester pertama

Rajinlah berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan. Ibu yang sedang hamil, sebaiknya rutin melakukan check up terhadap kehamilan. Pada masa trimester awal ini biasanya akan sulit membedakan terjadinya perubahan normal ataupun abnormal yang baiknya di konsultasikan. Terutama jika ibu sering mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti keputihan yang berlebih, mual berlebihan atau pendarahan pada vagina.

Perbanyak minum air putih

Pada 3 bulan pertama biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah-muntah. Hal ini tentu akan berdampak pada tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Minum air putih atau jus buah sangat baik bagi anda untuk mencegah terjadinya dehidrasi

Pentingnya Menjaga Kesehatan ibu hamil trimester pertama

Selain hal-hal diatas ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk menghadapi masa kehamilan pada trimester pertama yaitu:

  • Jika anda sering mual dan muntah sebaiknya makan dalam porsi yang kecil saja namun sering
  • Jika Anda sulit tidur di malam hari (Insomnia) sebaiknya minum susu hangat
  • Untuk mengurangi rasa mual persiapkan camilan khusus namun yang mengandung sedikit kadar garam misalnya roti gandum , biskuit dan buah-buahan.
  • Hindari makanan berlemak tinggi , santan ataupun gorengan

Pentingnya memperhatikan Kesehatan ibu hamil trimester pertama ini di harapkan  dapat membuat ibu dan janin selamat sampai pada masa persalinan nanti.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Kehamilan

Leave a Reply