Bolehkah Makan nasi rawon saat hamil

| 17/08/2017

Mengenal Bahaya Tidaknya Makan Nasi Rawon Saat Hamil

 

Makan nasi rawon saat hamil juga mengundang sejumlah reaksi, terutama dihubungkan dengan kesehatan janin. Namun tahukah Anda kebenaran mengenai nasi rawon tersebut?

Nasi rawon sendiri merupakan makanan khas nusantara. Makanan ini dikenal sebagai makanan khas jawa timuran, namun di jawa tengah juga dikenal semisal di Surakarta.

Makan nasi rawon saat hamil

Makan nasi rawon

Makanan ini memiliki cita rasa yang enak, dibumbui dengan bumbu istimewa khas nusantara seperti kluwek. Kemudian nasi ini biasanya dipadukan dengan daging yang punya kandungan nutrisi luar biasa untuk tubuh.

Meskipun begitu, beredar informasi mengenai kandungan yang ada di dalam nasi rawon tersebut, terutama pada bumbu khasnya Kluwak. Dan kandungan yang ada di dalamnya ini menjadi perhatian tersendiri bagi ibu hamil.

 

Apa Sih Kandungan Yang Ada Di Dalam Kluwak Tersebut?

Kluwak menjadi bumbu andalan dalam masakan nasi rawon. Bumbu ini memberikan ciri khas pada masakan, yakni memberikan pengaruh masakan pada kekentalan dan warna hitam pekat.

Mengenai rasa, nasi rawon ini tetap nomer satu. Terutama bagi pecinta nasi rawon sendiri sehingga menghindarinya akan sangat sulit dilakukan.

Kluwak sendiri memiliki kandungan sianida. Kandungan ini menyebabkan orang yang memakannya akan merasa pusing. Artinya, kandungan ini beracun.

Kandungan beracun ini biasa dimanfaatkan sebagai racun pada ujung panah. Ini membuat kluwak dianggap berbahaya.

Meskipun begitu, kluwak tetap menjadi bagian bumbu penyedap yang ada di dalam kuliner nasi rawon.

 

Apakah Kluwak Tersebut Masih Beracun Di Dalam Nasi Rawon?

Fenomena mengenai ibu hamil mengkonsumsi nasi rawon memang menimbulkan tanda tanya, yakni apakah berbahaya atau tidak.

Mengenai bahayanya tidak lain dari kandungan kluwak itu sendiri. Tapi perlu Anda tahu, kluwak tersebut memang sangat beracun bila dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Setelah diproses melalui perendaman, racun kluwak sendiri juga akan luntur. Minimal hanya ada sedikit racun yang tertinggal di dalamnya.

Ini sama dengan makanan gadung yang punya efek beracun. Jika dilakukan perendaman, racunnya akan luntur dan bisa dikonsumsi oleh orang.

Meskipun begitu, kandungan tersebut mungkin masih ada dalam kadar yang rendah. Anda tidak bisa menolak fakta tersebut.

Tapi yang jelas, rawon sendiri yang dibuat dengan pemanfaatan kluwak yang sudah diproses sedemikian rupa tidak banyak memberikan efek negatif bagi siapapun yang mengkonsumsianya. Begitupun bagi ibu hamil yang mengkonsumsi nasi rawon.

Manfaat Nasi Rawon Bagi Ibu Hamil

Makan nasi rawon ketika mengandung masih diperbolehkan, karena  ada manfaat dibalik konsumsi makanan tersebut.

Nasi rawon juga mengutamakan daging dalam keseluruhan menu. Yang artinya ada banyak kandungan protein di dalam makanan tersebut.

Kandungan protein tersebut nantinya bisa dimanfaatkan oleh janin untuk pertumbuhannya. Misalnya untuk membentuk jaringan yang lebih sempurna.

Protein lengkap ini nantinya akan membantu dalam pembentukan berbagai organ janin. Contohnya adalah pembentukan organ otak, otot, tulang dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, protein ini membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan protein yang berlipat pada masa kehamilan.

Jika ibu kekurangan protein, malah masalahnya adalah bayi bisa kekurangan gizi. Ini menyebabkan pertumbuhannya terganggu. Oleh karenanya, makan nasi rawon saat mengandung juga cukup bagus.

Tetapi jika Anda merasa khawatir, alihkan mencari opsi makanan lain yang lebih aman. Pastinya, seleksilah makanan yang penuh gizi untuk menjaga kesehatan ibu dan kandungan.

Kesimpulannya, nasi rawon tidaklah berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan beracun di dalam kluwak (bumbu khas rawon) telah dilunturkan. Oleh karenanya, makan nasi rawon saat hamil tetap aman untuk dilakukan.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , ,

Category: Kehamilan

Comments are closed.