Makanan apa agar gigi bayi cepat tumbuh

| 01/08/2014

Bunda harus Tahu makanan Apa agar gigi Bayi cepat tumbuh

Sebagai orang tua kadang kita merasa cemas jika si kecil belum juga tumbuh gigi padahal umurnya sudah hampir 1 tahun. Kita terkadang berpikir  makanan apa agar gigi bayi cepat tumbuh? Apakah makanan juga berpengaruh dengan pertumbuhan gigi  bayi, tumbuhnya gigi susu pada bayi secara normal terjadi pada rentang usia 6 hingga 12 tahun.

Jadi tak perlu cemas, kecuali jika sudah lebih dari 1 tahun gigi si kecil belum juga tumbuh. Jika ini terjadi di sebabkan memang bayi tidak mempunyai benih gigi susu, jika demikian sampai kapan pun ia tidak akan tumbuh gigi. Tapi kasus seperti ini sangat jarang terjadi.

Makanan apa agar gigi bayi cepat tumbuh terutama Gigi susu

Faktor dan  makanan apa agar gigi bayi cepat tumbuh? Ayah dan bunda harus tahu ini, agar kedua orang tua juga bisa membantu merangsang pertumbuhan gigi susu pada bayi. Berikut ini tips nya:

1.Beri bayi latihan menggigit

Tanda-tanda gigi susu bayi akan tumbuh biasanya bayi banyak mengeluarkan air liur, dan secara spontan selalu menggigit apa saja yang ia temui. Keinginan menggigit ini akibat rasa gatal di gusinya, sebagai orang tua anda bisa memberikan bahan atau objek yang higienis dan aman untuk di gigit-gigit oleh bayi misalnya biskuit khusus dan mainan gigit.

2.Pemberian makanan yang teratur dan bertahap

Ini sangat penting bagi orang tua agar gigi susu bayi segera muncul perlu di perhatikan  makanan apa agar gigi bayi cepat tumbuh. Makanan yang diberikan pada bayi harus dilakukan secara bertahap  dari cair ke padat, selain makanan sebagai sumber nutrisi yang penting untuk pertumbuhan bayi makanan juga berguna untuk merangsang agar gigi susunya cepat tumbuh. Saat bayi berusia 6 tahun ia mulai dikenalkan dengan makanan yang semi padat dan terus bertahap memberikan makanan padat hingga bayi berusia 1 tahun.

Jika bayi sudah berumur 14 bulan dan belum juga tumbuh gigi, ini gejala yang tidak normal! Bayi mengalami suatu kondisi yang di sebut displasia ektodermal penyebabnya yaitu faktor genetis atau keturunan segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi tentang masalah ini.

Mengenal proses tumbuhnya gigi susu Pada bayi

Saat usia janin anda memasuki usia 1,5 bulan benih gigi susu sudah mulai terbentuk. Benih dan cikal bakal gigi ini terus tersimpan sampai umur bayi 4 hingga 7 bulan dan normalnya gigi susu akan tumbuh perdana saat ia berumur 3 bulan. Gigi susu pada bayi pada usia 2 sampai 3 tahun balita umumnya sudah memiliki gigi susu yang lengkap berjumlah 20 buah. Setelah memasuki usia 6-7 tahun gigi susu balita akan segera tanggal dan berganti dengan gigi tetap.

Merawat gigi balita anda juga tidak kalah penting, setelah ayah dan bunda tahu  makanan apa agar gigi bayi cepat tumbuh dan faktor-faktor lainnya. Perawatan gigi pada balita seharusnya di mulai saat gigi susu pertamanya mulai tumbuh, bantulah ia untuk menggosok gigi dengan benar dan secara teratur.

Agar ia rajin menggosok gigi coba siasati dengan memberinya pasta gigi dan sikat gigi yang lucu dan warna-warni. Ayah dan bunda bisa memberikan contoh di depan cermin, sambil mendongeng tentang pentingnya menggosok gigi.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Parenting

Comments are closed.