Makanan Sehat Buat Ibu Hamil Muda

| 12/07/2015 | 0 Comments

Daftar Menu Makanan Sehat Buat Ibu Hamil Muda

 

Pasalnya makanan yang ibu konsumsi akan sangat menentukan tumbuh kembang bayi. Makanan sehat buat ibu hamil muda sudah menjadi hal wajib yang perlu di lakukan demi menjaga kesehatan ibu dan balita sampai masa persalinan nanti.  Belum lagi pada ibu yang hamil muda, janin masih sangat rentan dan dapat mengakibatkan keguguran jika tidak diperhatikan dengan baik.

Berikut adalah daftar makanan yang sehat bagi ibu hamil muda yang bisa anda konsumsi. Makanan sehat yang pertama adalah :

Makanan Bersereal

Makanan bersereal ini bisa dengan mudah ibu dapatkan di swalayan atau supermarket. Kandungan sereal biasanya terdapat aneka mineral, karbohidrat, vitamin B dan kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan asupan nutrisi janin.

Daging Tanpa Lemak makanan sehat ibu hamil muda

Mengkonsumsi daging tanpa lemak.  Daging ini akan memenuhi kebutuhan protein, karena daging ini merupakan sumber protein tinggi. dalam memilih daging usahakan memilih daging yang masih segar dan telah dipisahkan dari lemaknya. Daging tanpa lemak seperti ikan salmon yang kaya akan kandungan Omega 3 di dalamnya. Selain itu beberapa daging lainnya yang bisa anda periksa terlebih dahulu lemak yang terkandung di dalamnya.

Susu

Menu makanan sehat buat ibu hamil muda  yaitu mengkonsumsi susu. Susu yang sering dikonsumsi ini mampu meregenerasi sel-sel yang rusak, membantu pembentukan otot, dan memperlancar aliran oksigen ke janin. Jenis susu yang baik adalah susu kedelai karena mengandung vitamin D yang baik untuk janin.

Buah dan Sayuran Segar

Sayur dan buah, sudah sepantasnya mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung nutrisi, vitamin dan kaya akan serat. Misalnya pisang, pepaya, bayam, kentang, wortel dsb. oh ya, hindari buah nanas, karena dapat mengakibatkan keguguran.

Kacang-kacangan Makanan sehat buat ibu hamil

Makanan yang sehat buat ibu hamil termasuk juga kacang-kacangan. Menu ini merupakan sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi. Makanan kacang-kacangan seperti bubur kacang hijau akan sangat nikmat bagi ibu yang sedang hamil muda.

Yogurt

Mengkonsumsi yoghurt sangat baik buat ibu hamil. Menu olahan sari susu yang telah difermentasi ini, juga dianggap baik untuk membersihkan usus wanita hamil.

Minum Air Putih

Banyak mengkonsumsi air. Perhatikan pula, bahwa air yang di konsumsi adalah air yang higienis. Memperbanyak minum air putih sangat baik, selain baik untuk vitalitas tubuh akan menghindarkan sang ibu dari masalah sembelit yang biasanya timbul pada masa kehamilan.

Asam folat untuk ibu hamil

Asam folat sangat di butuhkan oleh ibu hamil terutama di di saat trimester pertama. Asam folat berguna untuk menghindari cacat pada bayi saat lahir terutama cacat tulang sumsum belakang dan cacat otak. Sumber asam folat terbaik terdapat pada sayuran hijau terutama bayam. Termasuk juga kacang merah , susu , sereal dan kuning telur.

Selain Makanan Sehat Buat Ibu Hamil Muda Hindari Makanan Ini

Selain mengetahui makanan yang sehat di konsumsi saat hamil , ibu hamil harus menghindari beberapa pantangan makanan ibu hamil yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Seperti jenis makanan berikut ini:

  • Makanan setengah matang atau mentah
  • Seafood
  • Kafein
  • Alkohol dan rokok
  • Daging olahan
  • Pemanis buatan

 

Beberapa daftar menu makanan sehat buat ibu hamil muda  diatas sangat baik di konsumsi pada 3 bulan pertama kegamilan. Disamping itu juga menjadi sumber nutrisi bagi ibu dan janin.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Kehamilan

Leave a Reply