Makanan Sehat Endometriosis dan Pengobatannya

| 10/07/2015 | 0 Comments

Makanan Sehat Endometriosis untuk Mengurangi Risiko Kista

 

Endometriosis atau penyakit kista ini merupakan penyakit yang tumbuh di permukaan ovarium atau menjangkit di dalam ovarium itu sendiri sehingga membentuk kista yang memuat darah atau “kista coklat”. Makanan sehat endometriosis banyak dijual di pelbagai tempat di Indonesia.

Makanan Sehat Endometriosis

Kista Endometriosis

Alasan kenapa bisa disebut kista coklat ini ialah karena warna darah merahnya coklat agak gelap. Bila melihat dari ukurannya, kista ini bisa berukuran sekecil kacang atau pun bisa lebih besar menyerupai besarnya buah anggur. Gejala penyakit kista ini bisa berupa seolah-olah perut terasa kembung, penuh, atau pun berat. Selain itu, gejala lainnya ialah terdapatnya tekanan pada area kandung kemih dan dubur sehingga akan terasa sukar untuk membuang air kecil.

Secara pasti belum di ketahui penyebab spesifik dari endometriosis , namun ada beberapa teori yang menyatakan bahwa penyebabnya adalah masuknya darah menstruasi kedalam saluran telur atau tuba falopi . Jika di biarkan berlarut-larut kista ini bisa berekembang menjadi kanker ovarium yang mematikan.

Makanan sehat endometriosis dapat menjadi solusi alternatif sekaligus alami untuk mencegah atau mengobati penyakit ini. Namun, kita harus tahu gejala yang harus diketahui tatkala penyakit kista ini menjalar ke tubuh. Beberapa gejala yang terjadi sebagai berikut:

  1. Pengerasan payudara
  2. Berasa ingin muntah
  3. Badan mual-mual tanpa sebab

Makanan sehat untuk penderita kista Dan Yang Perlu di Hindari

Selain itu, gejala kista juga bisa terasa ketika ada rasa nyeri saat melakukan senggama, infertilitas, dan pembesaran ovarium. Jika gejala ini mulai menyerang diri kita maka kita perlu memeriksanya apakah penyakit kista di dalam tubuh kita itu positif atau tidak. Dengan demikian, makanan yang sehat untuk penderita kista bisa banyak hal kecuali berikut ini:

  • Janganlah makan makanan yang mengandung lemak yang tinggi
  • Selain itu, penderita kista harus menghindari (pantangan) untuk mengonsumsi makanan seperti kuning telur, santan, alpukat, junkfoof, fastfood, seafood, pelbagai jeroan, susu sapi, gorengan
  • Makanan yang memiliki sifat manis seperti soda , Es
  • Makanan Olahan siap saji seperti nugget , bakso olahan, Sosis, dll

Makanan sehat endometriosis Yang Dianjurkan

Untuk makanan yang dianjurkan untuk mencegah kista bisa dengan makanan maupun minuman yang mengandung antioksidan yang tinggi. Dari paparan tersebut, lebih baik kita menyebarkan informasi ini pada siapa pun (khususnya wanita) supaya terhindar dan bisa sehat tanpa kista.

Kista endometriosis selain berpotensi menjadi kanker juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Karena kista dapat menghambat terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma. Jika tidak segera di tangani dengan serius maka seorang wanita dengan kista akan sulit untuk hamil.

Pengobatan kista endometriosis

Untuk pengobatan penyakit kista bergantung pada tingkat keparahannya. Secara umum jika sudah lebih dari 4 cm maka kista di angkat dengan cara operasi , namun sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter ahli.

Ada juga pengobatan  kista endometriosis dengan cara melakukan terapi , bergantung dari faktor umur dan faktor kesuburan.

Selain melakukan pencegahan dengan menghindari makanan tertentu , pola hidup sehat dan rautin berolahraga merupakan pencegahan yang tepat terhadap penyakit kista endometriosis. Demikianlah, ulasan singkat tentang makanan sehat endometriosis. Jangan lupa berbagi informasi ini maka kita juga akan bermanfaat bagi orang lain.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Noni Plus Synergy

Leave a Reply