Makanan Sehat Waktu Menstruasi

| 03/06/2015 | 0 Comments

Makanan sehat waktu menstruasi haruslah selalu dikonsumsi oleh para perempuan untuk mengembalikan gizi maupun staminanya. Biasanya, tatkala kaum Hawa usai menstruasi pastilah tubuhnya akan merasakan kelelahan yang amat sangat. Apalagi, seusai menstruasi tersebut, permpuan seringkali merasakan rasa nyeri di hari pertama maupun kedua.

Kondisi demikianlah yang biasanya membikin emosi perempuan “membara” dan sikapnya pun agak sensitif terhadap “dunia luar”. Karenanya, sehat saat menstruasi merupakan hal yang harus dilakukan atau pun diupayakan oleh perempuan supaya kesehatan dan staminanya pun pulih seperti sedia kala.

Makanan Sehat Waktu Menstruasi yang Lezat dan Baik untuk Tubuh

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, bisa pula membikin diri menjadi lebih baik dan bisa menghilangkan stres. Makanan sehat waktu menstruasi bisa berupa sebagai berikut ini:

Ikan dan sayuran

Makanan yang mengandung asam linoleat dan liblenic sangatlah bisa membantu relaksasi otot yang sedang datang bulan. Dengan begitu, keluhan yang biasanya terjadi itu bisa direduksi dengan baik. Sebab, gangguan tersebut dikarenakan oleh peningkatan prostaglandin yang hal tersebut bisa menjadi salah satu bahan kimia yang dapat membikin gejala kontraksi. Dengan makan makanan yang mengandung ikan maupun sayur-sayuran maka asam lonoleat dan liblenic ini sangat banyak terkandung di dalamnya.

Makanan sehat saat Haid hindari Makanan Dengan kadar garam tinggi

Perempuan menstruasi sebaiknya tak mengonsumsi makanan yang mengandung garam rendah. Sebab kala datang bulan, fluktuasi hormon di dalam kandungan langsung melakukan retensi air. Hal tersebut bisa menyebabkan kembung di perut. Untuk mencegahnya, maka makanlah pelbagai makanan yang mengandung rendah natrium. Makanan yang mengandung rendah natrium ini ialah sayur-sayuran maupun buah-buahan. Makanan tersebut bisa menjadi makanan sehat saat haid.

Kaya Kandungan Zat besi

Makanlah makanan yang banyak mengandung zat besi. Sebab, dengan makanan yang mengandung zat besi tersebut bisa memperlancar menstruasi yang biasanya “berat”. Makanan yang mengandung zat besi ini di antaranya: kacang hitam, kismis, tahu, kedelai, kacang polong, dan lain sebagainya (yang jenis kacang-kacangan).

Jangan lupa Suplemen vitamin

Multivitamin sangat di perlukan saat sedang menstruasi yang berguna untuk mengurangi nyeri saat menstruasi dan menjaga kesehatan dinding rahim. Konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin E , zinc , dan vitamin B.

Kumpulan makanan yang mempercepat menstruasi

Gaya hidup dan pola makan sangat mempengaruhi menstruasi pada wanita, jika masalah menstruasi tidak terlalu mengkhawatirkan cobalah makanan-makanan berikut ini yang dapat membantu mempercepat menstruasi:

  1. Brokoli. Brokoli mengandung viatamin B, C, A dan K dan antioksidan yang sifatnya menenangkan dan anti depresi.
  2. Ikan salmon. Dengan rutin mengkonsumsi ikan salmon dan menambah kolagen dalam tubuh. Juga menstabilkan hormon sehingga menstruasi dapat teratur.
  3. Susu kedelai. Selain membuat lancar menstruasi susu kedelai juga berkhasiat untuk menghaluskan dan memperindah kulit. Jika anda tidak nafsu makan saat menstruasi minumlah susu kedelai agar energi tetap terjaga.
  4. Telur. Protein yang terkandung dalam telur sama khasiat nya dengan susu kedelai , saat menstruasi anda harus tetap memenuhi asupan protein.

Disamping mengkonsumsi makanan yang sehat , saat menstruasi anda juga harus cukup istirahat dan rutin berolahraga agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Untuk lebih baik, maka sebarkanlah informasi ini supaya banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Demikianlah, ulasan singkat tentang makanan sehat waktu menstruasi.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , ,

Category: Kecantikan

Leave a Reply