Makanan yg mengandung serat untuk ibu hamil

| 25/04/2015 | 0 Comments

Manfaat  makanan kaya serat untuk ibu hamil

Makanan ber serat untuk ibu hamil sangat penting

Makanan ber serat untuk ibu hamil sangat penting

Manfaat serat untuk ibu hamil dapat menunjang kesehatan ibu dan bayi . Bagi setiap calon Ibu , kehamilan selalu memberikan kebahagiaan. Mereka akan merasa bahwa mereka telah menjadi seorang wanita yang sempurna, karena dapat membawa kehidupan baru di dalam tubuh mereka. Namun dimasa-masa kehamilan, banyak terdapat keluhan-keluhan yang dialami oleh ibu hamil. Dan salah satunya adalah sembelit.

Mengatasi sembelit

Sembelit pada wanita yang sedang mengandung disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor hormonal dimana hormon progesteron saat hamil meningkat dan memperlambat gerak usus, sehingga feses akan menjadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Faktor selanjutnya adalah membesarnya rahim sehingga menekan usus dan membuat kotoran sulit dikeluarkan. Selain itu sembelit juga dialami oleh ibu hamil yang kurang banyak bergerak, kurang minum, stress dan makan tidak teratur. Tidak hanya itu saja, obat-obatan maupun vitamin-vitamin atau suplemen ibu hamil yang dikonsumsi saat hamil yang juga membuat feses menjadi keras dan sulit keluar.

Hal tersebut dapat diatasi dengan 2 cara, yaitu secara alami dengan memperbanyak makan serat yang baik untuk ibu hamil serta memperbanyak minum air putih dan secara medis dengan memberikan obat yang mengandung lactulose yaitu sejenis gula buatan yang akan menyerap air saat berasa di usus besar untuk merubah masa feses,  sehingga feses menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan

Makanan yang mengandung serat untuk ibu hamil

Kacang-kacangan kaya serat alami

Kacang-kacangan kaya serat alami

Namun ada baiknya menggunakan cara yang alami untuk mengatasi sembelit saat hamil, yaitu dengan mengkonsumsi serat untuk ibu hamil  dan dimasukan dalam setiap menu sehari-hari.

Roti Gandum

Saat sarapan Ibu hamil dapat memilih menu yang ringan dan tidak terlalu asam untuk mengurangi morning sickness, diantaranya dapat mengkonsumsi bubur atau roti gandum yang dikombinasikan dengan telur serta jus pepaya atau jus tomat, sedangkan susu dapat dikonsumsi satu jam setelah sarapan.

Nasi merah

Untuk makan siang, ibu hamil dapat memilih nasi merah dengan sop brokoli wotel serta lauk ikan atau lele.

Kacang-kacangan

Sedangkan untuk snack, ibu hamil dapat memilih kacang-kacangan seperti buah-buahan (pisang, buah naga melon, dan lain-lain) serta kacang polong. Snack time juga akan baik jika ibu hamil memilih bubur kacang hijau sebagai menunya.

Sayuran Hijau

Sedangkan untuk malam hari, ibu bisa memilih nasi merah dengan sayur bayam jagung atau sayur sawi yang dikombinasikan degan tofu. Makanan-makanan tersebut diatas seperti gandum, nasi merah, kacang-kacangan, buah-buah-buahan serta sayur-sayuran merupakan sumber serat untuk ibu hamil dalam mengatasi sembelit, dan tentunya juga alami.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags:

Category: Suplemen Serat

Leave a Reply