Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Duku

| 15/07/2015 | 0 Comments

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Duku yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Duku

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Duku

Buah duku termasuk tanaman  dari keluarga suku Meliaceae yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Duku sangat banyak namun belum banyak diketahui.  Di lndonesia buah duku cukup dikenal dan disukai.   Tanaman buah duku  mempunyai  ukuran sedang dengan ketinggian mencapai 30 m.  Tanaman duku bisa berbuah sekali dalam setahun dan  tumbuh subur di tempat yang memiliki curah hujan tinggi.

Buahnya berbentuk bulat memanjang dengan  memiliki bulu kekuningan dengan kulit buah tipis yang  mengandung  1-3 biji. Bila telah masak buah duku berwarna putih,  berdaging tebal, berair, rasanya bisa manis sampai  masam. Menurut hasil penelitian para ahli dalam 1 kg buah duku,  mengandung 10g protein, 130g karbohidrat, 2g lemak, 7g mineral, 180mg kalsium, 90mg fosfor, 2,3g serat, 13,0g IU Vitamin A, 89mg riboflavin, 1mg asam ascorbic, serta 1,1mg phytin.

Penelitian lain  menyebutkan bahwa dalam setiap 100 gram duku terkandung  86,5 g Moisture, 0,8 Protein,  9,5g Karbohidrat,  2,3g Fiber, 20mg Kalsium,  30mg Fosfor,   89mcg Thiamine, 124mcg Riboflavin,  1,0mg Ascorbic Acid. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan tubuh. Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Duku  ini sayangnya belum banyak diketahui masyarakat umum.

 

Manfaat Buah Duku dari Diare Hingga Kanker

Apabila dipelajari lebih lanjut manfaat buah duku mulai dari diare hingga kanker. Dengan kandungan serat yang tinggi buah duku berkhasiat  melancarkan sistem pencernaan,  mencegah penyebaran sel kanker, dan membuang radikal bebas dari tubuh. Buah duku juga bisa  dipakai untuk obat cacing.

Manfaat Biji Buah Duku

Dengan kandungan fosfornya, buah duku berkhasiat mempertahankan kekuatan dan kesehatan gigi. dan penyakit malaria. Biji buah duku yang rasanya pahit ternyata  memiliki khasiat tinggi. Manfaat dari biji buah duku  yaitu menyembuhkan diare dan bisa digunakan  sebagai obat penurun panas.

Untuk Antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang berguna sebagai zat antioksidan. Sebagai zat antioksidan buah duku mampu menangkal radikal bebas dan zat yang bersifat racun.

 

Obat Disentri

Dapat digunakan sebagai obat disentri. Yang paling fenomenal adalah duku dapat mengobati gigitan serangga dan hewan berbisa dengan  mengoleskan tepung kulit kayunya ke bagian kulit terkena gigitan. Benalu pohonnya  dapat digunakan untuk pembunuh sel kanker. Kulitnya yang dibakar dipercaya bisa  mengusir nyamuk.

 

Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat buah duku juga baik sekali untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Ini karena kandungan vitamin C dalam buah duku yang efektif menurunka kadar kolesterol.

Buah duku untuk menurunkan berat badan

Dalam tubuh kita terdapat senyawa carnitine yang sangat berpengaruh terhadap pembakaran lemak. Buah duku dapat merangsang senyawa carnitine untuk membantu menurunkan berat badan, jadi sangat baik untuk diet sehat.

 

Jika anda rutin mengkonsumsi buah duku Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Duku akan terasa bagi tubuh anda. Disamping itu olahraga secara teratur juga sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: ,

Category: Opini

Leave a Reply