Memilih Jodoh Dan Tata Cara Meminang dalam Islam

| 05/07/2015 | 0 Comments

Adab Memilih Jodoh Dan Tata Cara Meminang dalam Islam

Salah satu yang dapat mengantarkan orang mendapat ridha Allah ataupun sebaliknya, menerima azabnya. Olehkarena itu memilih jodoh dan tata cara meminang dalam Islam adalah sesuatu yang wajib diketahui oleh semua muslim dan muslimah.  Bisa berawal dari cara seseorang dalam memilih jodoh dan tata cara meminang pendamping hidupnya. Bagaimana seseorang hidup nanti amat dipengaruhi oleh orang terdekatnya. Siapa lagi pihak itu jika bukan pasangan sahnya.

memilih jodoh dan tata cara meminang dalam Islam

Menikah Hukumnya Wajib dalam islam

Walaupun jodoh sudah ditentukan oleh Allah, kita juga punya kewajiban untuk memilih dan memilahnya agar kehidupan rumah tangga nantinya menjadi kehidupan yang Islami dan barokah, bukan sebaliknya. Sebab dalam beribadah kita juga butuh partner. Nah dalam mengarungi godaan dan cobaan dunia, jodoh seperti apa yang patut kita pilih?

Faktor Agama

Memilih jodoh dan tata cara meminang dalam Islam tidak bisa dianggap sepele. Ada kriterianya. Yang pertama dan utama tentu saja agama. Agama calon pendamping hidup kita haruslah Islam. tidak bisa selain Islam. Jangan kita mudah tergoda dengan kemolekan tubuh, kegantengan wajah, kecantikan paras, atau kesempurnaan fisik.

Jika ia bukan seorang muslim yang taat, maka kita sebenarnya sedang melemparkan iman kita sendiri pada situasi gambling atau pertaruhan. Siapa yang bisa menjamin jika istri atau suami kita Non-Muslim dan kita masih bisa mempertahankan kualitas iman dan Islam kita?

Kriteria memilih Jodoh dalam islam Isteri Soleha

Di dalam Islam sangat di anjurkan selektif dalam memilih isteri ataupun suami. Berikut ini sebagai bahan referensi anda untuk memilih isteri yang sesua dengan ajaran agama islam:

  1. Taat dan patuh kepada suami
  2. Selalu menjaga dan menutup auratnya kecuali kepada suami
  3. Menikahi gadis lebih utama sesuai anjuran Rasulullah SAW
  4. Dari keturunan keluarga yang baik

Memilih jodoh dan tata cara meminang  Haruslah Sehat Jasmani dan Rohani

Dalam Islam, memilih jodoh dan tata cara meminang sudah ada aturan dimana salah satu pertimbangan kita memilih jodoh juga menyangkut kesehatan fisik. Pilihlah mereka yang fisiknya bagus dan bisa menghasilkan keturunan baik juga. Selain itu kualitas pendidikan dan segalanya yang ideal untuk menjadi seorang suami atau istri yang baik juga perlu dipertimbangkan.

Setelah itu kita bisa kemudian masuk ke proses meminang. Calon yang mau dipinang haruslah sedang tidak dalam status atau proses hukum yang melarang kita meminangnya, semisal statusnya masih suami atau istri orang lain, atau juga belum dipinang oleh orang lain. Secara syar’i, tak ada masalah juga jika wanita meminang pihak laki-laki.  Salah satu larangan dalam meminang adalah tidak boleh meminang wanita yang sedang masa iddah.

Untuk memilih jodoh dan tata cara meminang dalam Islam seperti diatas sangat di anjurkan dalam Islam karena menikah berarti menjalin ikatan hingga ajal memisahkan jadi harus benar-benar di pertimbangkan.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: ,

Category: Jual Tas Anak Muslim

Leave a Reply