Memulai bisnis makanan Dengan modal kecil

| 22/08/2014 | 5 Comments

Memulai bisnis makanan dengan modal kecil Perlu Perencanaan

 

Memulai bisnis makanan dengan modal kecil merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan sebab modal yang di butuhkan relatif kecil dengan keuntungan berlipat setelah di kurangi modal operasionalnya. Tapi tentu di perlukan usaha dan motivasi yang keras agar bisnis terus bertahan dan tidak gulung tikar di tengah jalan.

Tentu sering kita mendengar bahkan melihat langsung teman atau para wirausaha yang memulai bisnis makanan dengan modal kecil ini bangkrut dalam hitungan bulan saja. Banyak pengusaha makanan dan minuman tidak siap menerima tantangan baik secara teknis maupun non-teknis disebabkan karena perencanaan yang tidak matang.

Untuk menjalankan bisnis makanan dan minuman di perlukan kreatifitas dan inovasi. Dengan modal yang tidak terlalu besar bisnis ini bisa berjalan dan target pemasaran produk sangat luas karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar manusia.

Produk makanan dan minuman yang akan di jual haruslah berkualitas dan juga memenuhi standar hygiene yang baik. Penting sekali menjaga mutu produk agar kepercayaan konsumen tetap terjaga dan terus kreatif dan berinovasi memahami trend dan kemauan pasar.

Tips memulai bisnis makanan dengan modal kecil

Selain mental dan pola pikir yang harus kuat beberapa tips memulai bisnis makanan dengan modal kecil dibawah ini bisa membantu sebagai acuan awal memulai bisnis makanan dan minuman:

  • Prinsip pembeli adalah raja : Karakter pembeli tentu berbeda-beda ada yang tidak sabaran, cerewet, cuma sekedar bertanya dll. Anda harus melayani mereka dengan tetap sabar, bagaimanapun juga mereka adalah aset.
  • Riset harga di pasaran : Riset harga pasar penting untuk di lakukan agar anda tahu pesaing dan harga standar. Jika anda berjualan membuka outlet atau di kaki lima janganlah menjual produk melebihi harga pasar lain hal nya jika usaha makanan dan minuman anda sudah berkelas resto atau cafe anda bisa mematok dan menentukan harga sendiri.
  • Kreatif dan inovatif : Usaha produk apapun jenisnya pasti banyak saingan dengan produk yang sama. Untuk bisa bersaing dan terus bertahan inovasi dan kreatifitas harus ditingkatkan misalnya dengan kemasan yang unik, tambahan aneka rasa, service memuaskan dll.
  • Jual produk makanan dan minuman sesuai keahlian: Fokus pada produk makanan atau minuman apa yang akan dijual sangatlah penting, karena akan mempengaruhi mutu produk itu sendiri. Misalnya jika anda menguasai resep membuat mie ayam yang enak fokus lah pada berjualan mie ayam, sebagai tester keluarga dan sahabat bisa anda mintai pendapat tentang rasa mie ayam buatan anda.
  • Siap mental dan stay fokus : harusnya ini syarat yang pertama ya. Berganti-ganti produk hanya karena ikut-ikutan orang lain akan membuat usaha anda tidak berkembang bahkan bangkrut. Jadi tetaplah fokus dan siapkan mental dalam menghadapi persaingan antara sesama pedagang.
  • Fast Respons : Sebagai pembeli tentu anda juga tidak mau menunggu pesanan anda berlama-lama. Begitupun calon pembeli anda, layani mereka dengan cepat menambah beberapa karyawan baru mungkin lebih baik agar pelayanan lebih cepat dan pelanggan terpuaskan.
  • Selalu menjaga kebersihan Tempat usaha : faktor kebersihan tempat juga menunjang keberhasilan usaha memulai bisnis makanan dengan modal kecil ini. Calon pembeli tidak akan mau mampir jika melihat suasana outlet yang berantakan dan kotor. Bila perlu berikan pengunjung hiburan dengan tambahan televisi atau memutar musik-musik yang sedang trend.

Banyak hal yang harus di persiapkan dengan matang untuk memulai bisnis makanan dengan modal kecil saja. Jangan sampai usaha anda gagal hanya karena kurang perencanaan yang matang.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , , ,

Category: Peluang Bisnis

Leave a Reply