Menanam sayur Organik dalam Pot

| 14/11/2014 | 4 Comments

Mengisi Waktu Senggang sambil Menanam sayur Organik dalam pot

Berkebun di rumah tentulah menyenangkan di sela-sela waktu senggang kita bisa menanam sayur organik dalam pot. Terutama bagi yang memiliki pekarangan rumah yang terbatas, anda dapat berkreasi dengan menanam aneka jenis sayura atau tanaman lain di dalam pot. Selain sayuran dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan keluarga sehari-hari, sayuran dalam pot dapat menambah keasrian lingkungan rumah membuat semua anggota keluarga betah tinggal dirumah.

Berbagai jenis sayuran bisa di budidayakan dalam pot seperti kangkung, bayam, caisim, cabe rawit merah, daun bawang dll. Jika anda tinggal di daerah yang beriklim panas, maka tanamlah sayuran seperti terong, seledri, daun bawang, atau selada karena jenis tumbuh-tumbuhan ini tahan di cuaca panas.

cara menanam sayur dalam pot

Memanfaatkan Lahan Sempit serta menambah keasrian pekarangan Rumah

Perlu Keahlian dan ketelitian Untuk menanam sayur organik dalam pot

Salah satu hal yang pertama harus di ketahui untuk bercocok tanam dalam pot yaitu media tanam, media tanam yang cocok untuk jenis tanaman sayur-sayuran memerlukan struktur tanah yang gembur agar mudah di tembus akar tanaman. Untuk media tanam jenis sayur-sayuran kita menggunakan polybag atau bisa juga pot. Bercocok tanam sayur organik memiliki keuntungan tersendiri, sayuran organik tidak memerlukan pupuk kimia seperti pupuk urea juga tidak memakai pestisida dan herbisida jadi menanam sayuran organik lebih hemat dan lebih aman di konsumsi karena bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan tubuh.

Beberapa hal yang harus di sediakan sebagai persyaratan untuk menanam sayur organik di pekarangan rumah yang tentunya murah dan mudah di dapatkan seperti dibawah ini:

1.Tanah Sebagai Bahan Utama

Tanah yang di gunakan haruslah tanah yang gembur tidak terlalu mengandung pasir dan tanah lempung agar drainase air terjaga dengan baik. Dan juga banyak mengandung unsur hara, ciri tanah yang baik untuk media tanam yaitu berwarna hitam tidak menggumpal dan lengket. Campurkan tanah dengan sekam padi dan kotoran hewan ternak yang kering untuk menambah kesuburan tanah. Jika media tanam telah selesai di buat masukkan kedalam pot-pot yang telah di persiapkan sebelumnya.

2.Arang sekam Padi

Arang sekam padi pada media tanam berguna untuk melancarkan air dan menjaga kelembaban tanah, menetralkan keasaman tanah, serta menahan air. Arang sekam padi biasanya banyak di jual oleh para penjual tanaman dan pohon atau di toko pertanian.

cara menanam sayur dalam pot-media tanam jadi

Media tanam yang sudah jadi

3.Kompos Padat

Kompos berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman dan memperbaiki struktur tanah agar lebih gembur. Kompos yang dipakai harus kompos yang sudah jadi dan kering karena jika tidak justeru menjadi sarang penyakit dan hama. Jika tidak ada kompos bisa juga memakai pupuk hijau atau pupuk kandang tetapi yang sudah matang dan kering seperti tanah. Tempat kompos yang terbaik sebenarnya di sekitar tanaman pakis-pakisan karena struktur tanah nya gembur dan banyak unsur hara.

Cara membuat Media tanam sebelum Menanam sayur Organik dalam pot

cara menanam sayur dalam pot-lahan sempit

Dengan media tanam yang baik Tanaman dapat tumbuh subur

Wadah yang di gunakan bisa menggunakan pot atau polybag dengan mencampurkan ketiga bahan diatas yaitu kompos, tanah, dan arang sekam.

  1. Tanah yang telah di siapkan ayak terlebih dahulu, dengan kondisi tanah harus kering dan pisahkan tanah-tanah yang menggumpal.
  2. Campurkan tanah, kompos dan arang sekam dalam pot atau polybag dengan perbandingan 2:1:1 yaitu 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian lagi arang sekam. Lalu aduk-aduk hingga tercampur rata
  3. Media tanam sudah siap untuk di gunakan, tanamlah sayuran yang anda inginkan.

Kegiatan Menanam sayur Organik dalam pot merupakan keasyikan tersendiri bagi anda dan keluarga sekaligus memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya berkebun dan memelihara lingkungan.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Hobby

Leave a Reply