Mengajarkan Anak supaya Tidak pemalu

| 15/11/2014 | 0 Comments

Cara Mengajarkan Anak Supaya Tidak Pemalu dan Lebih Percaya Diri

Bagi orang tua yang memiliki anak pemalu ada baiknya segera mencari cara bagaimana mengajarkan anak supaya tidak pemalu. Ketika Anda mencoba bertanya kepada anak Anda tentang cita-citanya dan dia menjawab ingin bercita-cita sebagai penyanyi, penari dan beberapa cita-cita yang berhubungan dengan orang banyak ada baiknya Anda mulai mengenali pribadi anak Anda apakah anak Anda seseorang yang pemalu ataukah anak Anda suka tampil dan dilihat banyak orang.

Sebenarnya anak pemalu itu banyak sebabnya, sifat pemalu akan sangat berpengaruh pada kehidupan anak itu sendiri. Anak pemalu bisa sampai terbawa sampai anak itu besar dan dewasa. Sifat pemalu pada dasarnya akan merugikan anak, mengapa begitu?. Bisa Anda bayangkan ketika di sekolah anak disuruh maju ke depan membacakan puisi atau sekedar membaca di depan kelas dan anak malu serta tidak mau melakukannya tentu akan membuat anak itu mendapatkan nilai minus atau kurang jika dibandingkan dengan anak yang berani tampil di depan.

Selain dunia pendidikan, sifat pemalu juga akan merugikan anak dalam mengembangkan minat dan bakat misalnya saja anak Anda suka menyanyi namun dia malu ketika di suruh bernyanyi di depan orang umum atau hanya sekedar di depan guru les vokalnya tentu hal ini akan membuat anak tidak bisa berkembang dalam mengembangkan minat dan bakatnya.

Penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak supaya tidak pemalu, sebab anak yang berani tampil dan tidak pemalu akan lebih mendapatkan beberapa kesempatan dalam hidupnya dibandingkan dengan anak yang pemalu. Mengajarkan anak agar tidak pemalu menjadi penting karena jika anak tidak diajarkan bagaimana caranya agar berani tampil di depan orang banyak dia akan merasa malu sampai dia berumur besar.

Apalagi jika sampai anak pemalu bertemu dengan orang yang belum dikenalnya bisa-bisa anak akan mengurung diri di dalam kamar dan jarang untuk keluar rumah.

Mengajarkan anak supaya tidak pemalu dan Lebih Terbuka

Berikut ini ada beberapa cara dalam mengajarkan anak agar tidak pemalu, cara ini bisa digunakan orang tua yang ingin agar anaknya tida pemalu lagi :

  1. Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak agar tidak pemalu adalah dengan mengetahui penyebab  dari anak bersifat pemalu. Kalau dia malu dalam bertemu dengan orang baru di dalam hidupnya maka orang tua penting untuk mengajarkan kepada anak bagaimana caranya saat dia bertemu dengan orang lain agar anak tidak merasa malu lagi.
  2. Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajarkan anak untuk melambaikan tangan kepada orang yang dikenalnya tanpa harus mengatakan apa-apa, dengan begitu sikap anak lambat laun akan lebih terbuka dan tidak akan malu lagi.
  3. Libatkanlah anak dalam setiap acara dengan begitu anak akan terbiasa berkumpul atau berada di tengah-tengah orang banyak. Anak juga akan terbiasa dengan lingkungan yang baru dan yang selama ini dia tidak kenal. Hal ini akan membuat anak lebih percaya diri.
  4. Setelah membawa anak ke dalam acara, sebagai orang tua Anda harus melibatkan anak Anda dalam setiap percakapan, percakapan itu bisa digunakan sebagai pemanasan bagi sang anak agar tidak merasa malu lagi.
  5. Jangan pernah melakukan pemaksaan kepada anak, jika anak belum mau untuk berkumpul atau pergi bersama Anda menghadiri acara ada baiknya Anda tidak memaksanya karena hal itu hanya akan membuat anak akan semakin menarik dan menutup diri mereka.

Sebagai orang tua yang bijak mengajarkan anak supaya tidak pemalu merupakan tanggung jawab, agar kelak dewasa anak mampu mandiri dan bisa menghadapi tantangan hidupnya.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply