Mengatasi demam Tinggi pada bayi 8 bulan

| 26/08/2014 | 4 Comments

Mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan orang tua Tidak perlu Panik

 

Orang tua pasti panik jika si kecil suhu badannya naik dari biasanya, apalagi jika ini pengalaman pertama bunda mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan. Saat bayi mengalami demam ini sebagai alarm atau tanda sistem kekebalan tubuh nya sedang bekerja bayi mengalami demam jika suhu badannya diatas 37 derajat celcius.

Sebagai orang tua tidak perlu panik, demam pada bayi umumnya disebabkan oleh infeksi virus secara alami tubuh bayi mampu mengatasinya jika sistem kekebalan tubuh bayi bekerja dengan baik. Jika saat demam bayi anda masih terlihat riang dan bermain seperti biasa bunda tidak perlu khawatir dan tetap tenang.

Mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan Jika suhu Makin Tinggi

Ada beberapa cara mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan, cara ini cukup mudah tetapi perlu di lakukan dengan cermat dan hati-hati.

Ukurlah suhu tubuh bayi dengan alat pengukur suhu tubuh dibagian ketiaknya.

  • Saat bayi anda demam jangan membedong atau menyelimuti, beri pakaian yang tipis tidurkan ia di tempat yang bersirkulasi udara yang baik dan nyaman supaya tidak merasa pengap dan suhu badannya bertambah naik.
  • Hindari memberi obat penurun demam jika suhu badannya mencapai 38 derajat celcius atau lebih untuk kondisi seperti ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Sebagai pertolongan pertama kompres bayi anda dengan air hangat kuku dibagian lipatan paha dan ketiaknya.
  • mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan jika suhu tubuhnya tidak sampai 37,5 derajat celsius sebaiknya langsung di susui saja sesering mungkin agar ia tidak dehidrasi akibat suhu tubuhnya yang tinggi.

Mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan harus ke dokter

Jika bayi mengalami hal-hal seperti dibawah ini, sebaiknya segera bawa ke dokter karena memerlukan tindakan medis secara khusus:

  • Bayi terus menangis dan tidak mau di susui ketika ia buang air kecil warnanya keruh atau pekat
  • Suhu tubuh bayi di atas 37,5 derajat celsius dan bayi masih berumur 1 bulan
  • Bayi sangat agrefsif tidak mau di bujuk dan di tenangkan serta menangis terus menerus
  • Maunya tidur terus sulit diangunkan dan kondisinya lemas
  • Mengalami sesak nafas
  • Mengalami diare dan muntah-muntah

Terkadang usaha mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan justru menghambat kesembuhan bayi anda. Menurut organisasi Persatuan dokter anak di USA dalam sebuah jurnal menyebutkan bahwa kedua orang tua sebaiknya lebih berkonsentrasi dalam upaya menenangkan bayi ketimbang berusaha menyembuhkan dan menurunkan temperaturnya.

Karena demam pada bayi bukanlah penyakit melainkan sebagai reaksi tubuhnya sedang melawan inveksi virus, dengan suhu yang tinggi virus dan bakteri pertumbuhannya dapat terhambat.

Sedangkan yang berkembang di masyarakat adalah mitos bahwa suhu yang tinggi pada bayi dapat membakar sel-sel sarafnya. Apalagi diperkuat dengan pendapat orang tua kita yang menganggap demam pada bayi dapat merusak kondisi kesehatan anak secara umum.

Cara mengatasi demam tinggi pada bayi 8 bulan  serta mitos-mitos yang berkembang perlu diketahui dengan baik oleh para orang tua apalagi orang tua pemula yang terkadang panik jika bayi mereka mengalami demam tinggi.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , , ,

Category: Parenting

Leave a Reply