Mengatasi rasa grogi di depan umum

| 10/11/2014 | 2 Comments

Mengatasi Rasa Grogi di Depan Umum Agar Tampil Percaya Diri

Untuk mengatasi rasa grogi di depan umum, Anda perlu berlatih dan membiasakan diri. Dengan begitu, rasa minder, malu, atau grogi saat di depan umum sedikit demi sedikit akan luntur dengan sendirinya. Anda tidak perlu lagi grogi malah akan percaya diri saat di depan umum. Tidak sedikit orang yang merasakan grogi di depan umum karena tidak percaya diri dan belum terbiasa.

Mereka biasanya tipikal orang yang senang menyendiri, pendiam, kurang bergaul, dan minim sosialisasi. Sebenarnya, orang seperti itu tidak bermasalah, tetapi tabiat atau kelakuannya sering dianggap orang lain bermasalah.

Tips Jitu Mengatasi rasa grogi di depan umum memang

Oleh karena itu, Anda yang masih merasa grogi di depan umum harus membaca beberapa tips mengatasi rasa grogi berikut ini.

 

Bersikap tenang

Saat di depan umum, seperti memberikan pidato atau ceramah di depan orang banyak, rasa grogi akan datang. Gejalanya, yaitu dengan jantung berdebar-debar, napas terasa tersengal-sengal, keluar keringat dingin, nada berbicara yang berubah, hingga tidak mampu menahan air kencing. Semua itu dapat teratasi asalkan Anda bersikap tenang. Anggap saja orang banyak yang saat itu ada di depan Anda hanya berjumlah tidak banyak sehingga Anda tidak akan merasa grogi. Tarik napas dalam-dalam agar jantung tidak lagi berdebar-debar. Dengan begitu, Anda akan berbicara dengan lantang dan tenang di hadapan orang banyak, sehingga dapat mengatasi rasa grogi di depan umum.

Jangan melihat mata orang banyak di depan Anda

Sebagian besar orang yang grogi atau demam panggung disebabkan oleh banyaknya sorot mata yang memperhatikan. Hal itu memang wajar karena Anda saat itu memang sedang menjadi sati-satunya pusat perhatian. Untuk mengatasinya, jangan pandang mata mereka satu per satu tetapi cukup meandang di atas kepala mereka. Bagi orang yang sudah terbiasa dan tidak merasakan grogi lagi, dia akan menatap dengan tajam setiap sorotan mata orang banyak yang ada di depannya, karena dia memang mempunyai kekuatan untuk mengalahkan sorotan mata tersebut.

 

Dimulai dengan membaca doa

Saat tampil di depan umum untuk menjadi pembicara atau menampilkan sesuatu, jangan pernah lupakan untuk membaca doa terlebih dahulu. Pasalnya, doa yang Anda panjatkan kepada Tuhan dapat menjadi penyemangat atau sugesti yang ampuh. Selain itu, doa yang Anda baca dapat menjadi jalan pembuka bagi Anda saat tampil di depan umum, sehingga dapat dipakai untuk mengatasi rasa grogi tersebut.

 

Selalu percaya diri

Dalam melakukan semua kegiatan yang Anda anggap positif sebaiknya selalu percaya diri. Selalu berpikirlah positif atau positive thinking agar semua kegiatan yang Anda lakukan berjalan dengan baik. sementara itu, rasa grogi saat di depan umum yang masih Anda derita selekasnya dibuang jauh-jauh. Pasalnya, Anda tidak akan maju ke depan untuk menjadi seorang yang lebih baik atau sukses jika rasa grogi di depan umum itu masih ada. Percaya diri saja saat melakukan segala sesuatu yang bermanfaat bagi diri Anda sendiri sekaligus orang lain.

 

Selalu latihan

Untuk mengatasi rasa grogi dan gugup di depan umum  tidak mudah. Anda harus berlatih dengan beberapa kali tampil di depan banyak orang untuk menjadi pembicara atau berpidato. Untuk mengurangi rasa grogi, Anda dapat mengevaluasi serta membandingkan penampilan yang sekarang dengan beberapa waktu yang lalu, apakah ada peningkatan atau tidak. Jika ada, terus tingkatkan dengan rutin tampil di depan umum. Sementara jika tidak ada peningkatan, berarti ada yang harus diubah pad diri Anda. berkonsultasilah pada seseorang yang paham dan mengerti masalah ini.

Kumpul Komunitas banner 300

Tags: , , ,

Category: Opini

Leave a Reply