Mengendalikan Nafsu makan Berlebihan

| 25/10/2014 | 3 Comments

Kontrol Nafsu Makan Ke Arah Lebih Sehat Dengan mengendalikan nafsu makan berlebihan

http://ayodetox.net – Mengkonsumsi makanan itu memang untuk menyehatkan tubuh. Tentu dengan mengatur porsi makan dan juga asupan gizi. Mengkonsumsi makanan yang cukup sesuai kebutuhan tubuh maka akan menyehatkan tubuh. Berkaitan dengan porsi makan, setiap orang memiliki porsi makan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki porsi makan sedikit, porsi makan sedang, sampai pada porsi makan banyak. Semua itu tentu berkaitan dengan nafsu makan dan bagaimana cara mengurangi nafsu makan berlebih.

Untuk memperoleh tubuh yang selalu sehat maka jangan sampai memiliki nafsu makan yang berlebih. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk tersebut maka harus cepat-cepat untuk mengendalikan nafsu makan berlebihan. Ketika nafsu makan berlebih maka akan menganggu pada kesehatan badan. Cukup mudah Anda menjaga kesehatan tubuh dengan mengendalikan nafsu makan berlebihan. Pastikan selama sedang makan, Anda sadar dengan porsi yang Anda akan konsumsi. Jika memang berlebihan maka kurangi.

Tips mengendalikan nafsu makan

Perhatikan pula bahwa Anda tidak makan sambil membaca buku cerita. Kebiasaan tersebut akan membuat nafsu makan seseorang menjadi berlebihan. Anda begitu menikmati setiap rangkaian cerita yang ada. Namun tidak menyadari sudah berapa banyak porsi makan yang masuk ke perut.

Apalagi jika Anda membaca buku cerita, menyaksikan film, atau melakukan kegiatan lain yang lebih tertuju pada kegiatan tersebut bukan pada makanannya, maka jelas tidak mampu mengendalikan nafsu makan berlebihan.

Masalah mengendalikan nafsu makan berlebihan akan jatuh pada kebiasaan makan camilan. Sudah memiliki nafsu berlebih saat makan berat, memiliki nafsu berlebih juga saat makan camilan. Anda perlu pintar-pintar untuk mengendalikan nafsu makan .

Mengontrol nafsu makan

Atur waktu makan berat Anda selama tiga kali sehari. Sedangkan untuk makan camilan maka konsumsilah di saat tenggang waktu makan berat Anda. Maksimal adalah dua kali sehari yaitu, di tenggang waktu makan pagi dan makan siang serta tenggang waktu makan siang dan makan malam.

Camilan Sehat Dapat Mengendalikan nafsu Makan berlebihan

Jika di saat makan malam Anda tetap makan camilan maka usaha mengendalikan nafsu makan akan sulit dijalankan secara efektif. Apalagi dengan melihat jenis camilan yang dikonsumsi cenderung mengarah ke makanan instan yang banyak mengandung kalori tinggi. Lebih baik Anda mengendalikan nafsu makan  pada jenis camilan dengan konsumsi camilan yang lebih sehat. Seperti buah, biskuit, jus buah adalah camilan yang sehat dan cukup mengenyangkan.

Jangan Tunda waktu makan

Bagi Anda yang sering menunda-nunda waktu makan juga akan memiliki kebiasaan makan yang berlebihan. Sehingga akan melampiaskan porsi makan di waktu makan berikutnya demi perut yang kenyang.

Mengendalikan nafsu makan berlebihan Agar Berat Badan tetap Ideal

Bahkan kondisi psikologis pun akan membuat kesusahan dalam mengendalikan nafsu makan berlebihan. Nafsu makan akan menjadi berlebihan ketika pikiran seseorang sedang kacau. Tidak sedikit di saat sedang pusing, stress, maka akan melarikan masalah tersebut dengan konsumsi makanan. Di saat pikiran sedang kacau tentu saja akan membuat Anda tidak mampu berpikir jernih sudah seberapa banyak porsi makanan yang masuk ke perut.

Hal yang Anda tahu hanya makan dan makan untuk menenangkan pikiran. Seseorang yang belum mampu sepenuhnya mengendalikan nafsu makan juga karena ingin menikmati setiap hidangan saat menghadiri acara tertentu.

Menekan nafsu makan saat di pesta

Anda datang ke acara pesta yang disajikan aneka makanan tentu akan memiliki rencana untuk tidak makan di rumah. Dan baru akan makan ketika di acara pesta tersebut. Padahal sebagai orang yang ingin hidup sehat harus mampu mengendalikan nafsu makan kapanpun dan di manapun berada. Sehingga berat badan yang diperoleh pun juga akan selalu ideal terutama jika anda ingin menurunkan berat badan.

Tags: , , , , ,

Category: Kesehatan

Leave a Reply